aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Berharap Anak Meraih Sukses? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua (bag. 1)

Tuesday, 25 June 2019 07:30:30 WIB | Rizki Adis Abeba
Berharap Anak Meraih Sukses? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua (bag. 1)
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Apapun metode parenting yang diterapkan orang tua, bagaimana pun cara orang tua membimbing anak-anaknya, tujuannya pasti satu: menjadikan anak tumbuh sebagai manusia yang sukses di masa depannya. Entah metode parenting apa yang Anda anut, ada lima kebiasaan yang jika dilakukan secara konsisten bisa menjadi fondasi agar anak sukses di masa mendatang menurut studi. Apa saja?

1. Tetaplah Berekspektasi Tinggi

Mungkin akan ada titik di mana Anda dan anak merasa lelah untuk mencapai harapan tinggi yang di pundak mereka. Ada pula masanya ketika semua harapan dan keinginan Anda hanya masuk telinga kiri, keluar telinga kanan. Namun dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Essex, Inggris, menyebutkan bahwa orang tua yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap masa depa anaknya cenderung memiliki anak yang menjadi sukses setelah dewasa

Dalam studi terhadap 15 ribu anak perempuan berusia 13-14 dan 23-24 tahun selama sepuluh tahun belakangan menemukan bahwa orang tua yang secara konsisten meletakkan ekspektasi yang tinggi terhadap anak-anaknya mendapatkan hasil :

- Anak sukses mencapai pendidikan hingga ke bangku kuliah
- Tidak hamil di usia remaja
- Tidak menjadi pengangguran dalam waktu lama
- Tidak terjebak di pekerjaan berpenghasilan rendah.

Orang tua perlu bersabar dan berpikiran terbuka, bahwa anak mungkin tidak selalu menyukai ekspektasi yang Anda berikan pada mereka dan tidak selalu mau mendengarkan pengarahan Anda.
Namun pada akhirnya, anak tahu apa yang harus mereka lakukan agar tidak terlalu mengecewakan dirinya dan orang tua. Dalam siaran persnya, peneliti dari Universitas Essex menuliskan, “Di balik setiap wanita sukses ada ibu yang mengomel? Remaja perempuan pasti lebih sukses jika punya ibu yang memaksa.”

(riz/ari)

Komentar