aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ajarkan Anak Mengatasi Konflik dengan Saudara Kandung

Thursday, 20 June 2019 22:30:28 WIB | Rizki Adis Abeba
Ajarkan Anak Mengatasi Konflik dengan Saudara Kandung
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pertengkaran sepertinya sudah menjadi dinamika dari hubungan saudara kandung. Namun sebagai orang tua, Anda perlu mendidik anak untuk menyelesaikan sendiri konflik yang mereka hadapi. Mengapa? Karena konflik dengan saudara kandung merupakan pelajaran pertama yang didapat anak sebagai bekal mereka menghadapi kehidupan dan hubungan yang lebih luas kelak setelah dewasa.

Lantas bagaimana cara mengajarkan anak mengatasi konflik dengan saudara kandung, terutama bagi pihak yang lebih muda yang kerap menjadi sasaran dominasi sang kakak? 

Tentu saja, dengan dinamika hubungan saudara kandung yang kerap bertengkar, Anda tidak bisa hanya berteriak dan menyuruh anak menyelesaikan sendiri masalah mereka. Ketika anak mulai berusia empat hingga lima tahun, Anda bisa mulai mendorong mereka melakukan mediasi, di mana anak berusaha menemukan solusi yang disepakati bersama. 

Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua menggunakan pendekatan mediasi, anak-anak akan lebih konstruktif dalam menangani konflik dan lebih sering berkompromi untuk menyelesaikan masalah.

Hildy Ross, penulis pendamping penelitian yang juga seorang profesor psikologi terkemuka dari Universitas Waterloo, Kanada, memberikan langkah-langkah yang bisa dilakukan orang tua agar anak mampu menyelesaikan konflik dengan efektif.

(riz)

Komentar