aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Contoh Pekerjaan Rumah yang Bisa Diberikan untuk Anak Sesuai Tahapan Usia

Friday, 26 April 2019 11:45:44 WIB | Rizki Adis Abeba
Contoh Pekerjaan Rumah yang Bisa Diberikan untuk Anak Sesuai Tahapan Usia
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Melalui berbagai penelitian, para pakar tumbuh kembang anak mengatakan anak-anak yang diberikan tugas mengerjakan pekerjaan rumah cenderung lebih bertanggung jawab, mampu mengatasi rasa frustrasi, dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Ketiga kualitas ini merupakan hal yang sangat penting sebagai bekal anak dalam terjun ke dunia sosial di masyarakat dan sekolah.

“Tidak hanya membangun keterampilan hidup, seperti mencuci piring atau pakaian, namun mereka juga bisa belajar nilai-nilai dari menjadi bagian dari keluarga dan berkontribusi untuk itu. Si Kecil sebenarnya sangat ingin untuk menjadi bagian dari keluarga yang sebenarnya dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan orang dewasa. Jadi tantangan sebenarnya bukanlah menyuruh mereka untuk mau melakukannya, namun bagaimana membantu mereka agar merasa mampu mengerjakannya,” urai Claire Vallotton, pakar perkembangan anak dari Universitas Negeri Michigan, AS.

Bantulah anak mengembangkan keterampilan-keterampilan hidup yang berguna untuk mereka di masa mendatang dengan memberikan wewenang untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah. Namun banyak orang tua merasa pekerjaan seperti apa yang bisa dipercayakan pada anak-anak terutama jika masih balita?

Untuk itu, Claire Vallotton memberikan contoh pekerjaan rumah yang bisa dipercayakan pada anak sesuai dengan tahapan usia.

Usia 2-3 tahun:
- Memungut benda yang berserakan di lantai di bawah pengawasan orang tua.
- Meletakkan pakaian kotor bekas pakai ke keranjang pakaian kotor.

Usia 4-5 tahun:
- Merapihkan tempat tidur dengan bantuan minimal.
- Merapihkan mainan dengan pengawasan.

Usia 6-7 tahun:
- Memilih pakaian dan mengenakannya sendiri.
- Memberi makan binatang peliharaan.

Usia 8-11 tahun:
- Mencuci piring di bawah pengawasan.
- Membuang sampah ke tong pembuangan sampah di luar rumah.

Usia 12-13 tahun:
- Menyapu lantai rumah.
- Memotong rumput di bawah pengawasan.

(riz/ari)

Komentar