aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kapan Waktu yang Tepat Memperkenalkan Si Kecil pada Kolam Renang?

Monday, 22 April 2019 21:20:13 WIB | Rizki Adis Abeba
Kapan Waktu yang Tepat Memperkenalkan Si Kecil pada Kolam Renang?
Ilustrasi: Mengajari anak berenang (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang tua berharap anak-anak mereka mempunyai kemampuan berenang yang baik. Sebagai bekal untuk menjaga keselamatan diri, berenang juga menjadi kegiatan fisik yang baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh anak. Namun orang tua kerap merasa ragu dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan si kecil dengan kolam renang? 

Jika sistem pengamanan dan pengawasan sudah diterapkan dengan baik, tidak ada alasan bagi orang tua untuk merasa takut untuk memperkenalkan anak untuk mulai masuk ke kolam renang sedini mungkin. Apalagi, Akademi Pediatri Amerika menyatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mengajarkan anak berenang sebelum usia satu tahun memberikan risiko tenggelam pada anak. 

"Jika anak-anak menikmati saat berada di dalam air sebelum ulang tahun yang pertama, kelas (kursus) di dalam air mungkin bisa membantu bayi Anda terbiasa berada di dalam air," jelas Akademi Pediatri Amerika.

Namun ditekankan pula bahwa bahwa Anda tidak perlu memaksa anak berenang sedini mungkin seperti halnya yang dilakukan Michael Phelps, mantan atlet renang kebanggaan AS yang telah meraih 28 medali olimpiade, termasuk 23 medali emas. Michael Phelps telah memperkenalkan kedua anaknya yang berusia tiga dan satu tahun pada kolam renang sejak berusia tiga hingga empat bulan.

Yang perlu diingat, setiap anak mempunyai kecenderungan berbeda dan tidak ada gunanya memaksa bayi masuk ke dalam air jika mereka tidak menikmatinya. Jika anak di usia bayi terlihat tidak nyaman saat berada di air, Anda bisa menunggu sampai anak berusia empat tahun untuk mulai memperkenalkan mereka pada kegiatan di kolam renang.

Akademi Pediatri Amerika juga menjelaskan, "Umumnya pada usia empat tahun anak cenderung lebih siap menerima pelajaran berenang, termasuk keterampilan dasar mengenai keselamatan di air seperti cara mengapung, menginjak air, dan keluar dari kolam sendiri." 

(riz)

Komentar