aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini yang Harus Diperhatikan untuk Menjaga Keselamatan Anak di Kolam Renang

Monday, 22 April 2019 20:50:00 WIB | Rizki Adis Abeba
Ini yang Harus Diperhatikan untuk Menjaga Keselamatan Anak di Kolam Renang
Ilustrasi: mengajari anak berenang (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kolam renang bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya bagi anak-anak. Faktanya, tenggelam di kolam renang menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian anak usia satu hingga empat tahun di AS.

"Kebanyakan dari kematian (di kolam renang) terjadi ketika anak-anak tidak siap untuk berenang atau ketika mereka mendapatkan akses yang tidak terduga ke dalam air," jelas Sarah Denny, dokter anak di unit Pengobatan Darurat di Nationwide Children's Hospital sekaligus ketua Pencegahan Cedera, Kekerasan, dan Keracunan di Akademi Pediatri Amerika untuk wilayah Ohio, AS.

Untuk itu, orang tua tidak boleh lalai dan harus selalu waspada ketika anak berada di sekitar kolam renang, termasuk jika Anda mempunyai kolam renang pribadi di rumah. "Anak-anak secara alami memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, itulah sebabnya kita perlu menerapkan strategi (pengamanan) seperti pagar kolam renang dan kunci pintu," urai Sarah Denny.

Mantan perenang Amerika Serikat yang telah meraih 28 medali olimpiade, termasuk 23 medali emas, Michael Phelps, sangat menyarankan orang tua memperingatkan anak-anaknya untuk menjauh dari aliran air dan tidak boleh berenang tanpa didampingi orang tua. Michael Phelps sendiri mulai mengajarkan anak-anaknya masuk ke kolam renang sejak usia tiga hingga empat bulan.

Alhasil, putra sulung Michael Phelps, Boomer yang baru akan genap tiga tahun pada Mei mendatang sudah memperlihatkan kemampuan berenang yang cukup baik. "Dia sudah menguasai semuanya, mulai dari berenang gaya bebas hingga kupu-kupu," bangga Michael Phelps. 

(riz)

Komentar