aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ada 12 Manfaat Membaca untuk Si Kecil, Apa Saja?

Saturday, 13 April 2019 04:30:31 WIB | Wayan Diananto
Ada 12 Manfaat Membaca untuk Si Kecil, Apa Saja?
Perkenalkan anak pada buku sejak dini. (Foto: Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Meski belum mengerti huruf dan angka, tak ada salahnya memperkenalkan buku sejak dini pada si kecil. Psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., menjelaskan, setidaknya ada 12 manfaat membaca untuk anak yang terbagi 3 kategori, yakni kecerdasan, kemampuan berbahasa, dan perkembangan sosioemosional. Aspek kecerdasan dijabarkan menjadi 7 manfaat.

"Wawasan si kecil meluas, mampu berkonsentrasi, daya ingat meningkat, punya banyak ide untuk memecahkan masalah, kemampuan imajinasi membaik, rasa haus pengetahuan meningkat, dan prestasi akademis melonjak. Sementara aspek kemampuan berbahasa meliputi kosa kata menjadi lebih banyak, struktur, logika bahasa, dan pemahaman bacaan membaik," urai Anna dalam peluncuran program "Happy Meal Readers bersama McDonald’s" di Jakarta, pekan ini. 

Dari aspek perkembangan sosioemosional, aktivitas membaca membuat anak memahami perilaku yang baik dan buruk. Ia pun belajar berempati kepada orang lain. Anna menambahkan, jika orang tua dan anak membaca buku bersama, maka interaksi dua generasi menghangat. Orang tua punya kesempatan mendekati anak. Momen ini fondasi kokoh untuk menghadapi konflik ke depan. Karenanya jangan sekadar membaca. Usai membaca, diskusikan konten buku atau komik dengan si kecil.

"Misalnya, dalam buku diceritakan seseorang menemukan telur dinosaurus. Anda bisa menanyakan kepada anak, ‘Saat kamu menemukan barang yang bukan milikmu, apa yang kamu lakukan?’ Ini bermanfaat untuk menajamkan daya ingatnya serta merangsang buah hati Anda membuat keputusan. Saat Anda membacakan dongeng kepada si kecil, bacalah dengan intonasi dinamis agar anak tahu membaca itu seru," terang Anna kepada tabloidbintang.com.

Suasana peluncuran program Happy Meal Readers di Jakarta, pekan ini. (Foto: Wayan Diananto)
Suasana peluncuran program Happy Meal Readers di Jakarta, pekan ini. (Foto: Wayan Diananto)

Sebagai bentuk dukungan terhadap program "Happy Meal Readers," McDonald’s mempersiapkan serangkaian kegiatan berupa Happy Readers Fun Day yang diisi gelar wicara dan diskusi tentang pentingnya menanamkan minat baca si kecil sejak usia dini. Rangkaian kegiatan ini akan menyapa Jakarta (27 April 2019), Surabaya (4 Mei 2019), Bali (11 Mei 2019), dan beberapa kota lain yang dilakukan setelah Idulfitri. 

Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, menjelaskan, "Rangkaian kegiatan ini merupakan antusiasme dan kepedulian McDonald’s pada pendidikan anak. Lewat kegiatan ini, kami mengingatkan peran orang tua dalam memberikan pengetahuan akan pentingnya membaca buku pada anak sejak dini. Selain itu, mempererat hubungan orang tua dan anak dengan mendongengkan cerita atau membaca bersama anak."
 

Komentar