aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Cara Bijak Menghadapi Si Kecil yang Supersensitif (Bagian 3 - Habis)

Friday, 12 April 2019 19:50:23 WIB | Rizki Adis Abeba
4 Cara Bijak Menghadapi Si Kecil yang Supersensitif (Bagian 3 - Habis)
Mendisiplinkan anak yang supersensitif butuh tantangan besar. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Mendisiplinkan anak-anak adalah tantangan besar. Namun mendisiplinkan anak yang supersensitif, tantangannya lebih besar lagi. Sebab orang tua dituntut untuk sangat peka terhadap perasaan mereka yang sensitif. Lalu bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi si anak supersensitif?

Tentu saja, ada hal yang bisa dilakukan orang tua untuk anak-anak yang supersensitif ketika berurusan untuk mendisiplinkan anak dalam beraktivitas, bersosialisasi, sekolah, dan pemahaman emosional lainnya. Apa saja?

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Jangan paksa mereka

Ketika menghadapi anak supersensitif, Maureen Healy menekankan agar Anda benar-benar mendengarkan keinginan mereka. “Jika mereka mengatakan, ‘Aku tidak mau bermain dengan Hary’, maka jangan pernah membuat situasi yang membuatnya tidak bisa menghindari bermain dengan Hary. Itu akan sangat mengganggunya,” kata Maureen Healy.

Perlu diingat pula, anak-anak yang supersensitif umumnya juga sangat pemilih. “Anak yang supersensitif seringkali mempunyai preferensi yang kuat. Dan mempertimbangkan preferensi itu akan sangat penting dalam membangun hubungan orang tua-anak dan belajar bagaimana cara membantu anak membuat pilihan yang cerdas,” jelas Maureen Healy.

Bantu orang lain memahami anak Anda

Anda mungkin sudah memberikan perlakuan yang tepat terhadap anak Anda yang supersensitif di rumah. Namun Anda tidak bisa mengendalikan bagaimana orang lain memperlakukan anak di luar rumah. Menurut Maureen Healy tidak ada salahnya jika Anda rajin membagikan artikel, buku, dan informasi untuk membantu anggota keluarga, teman, dan guru-guru anak di sekolah untuk memahami sensitivitas dan kepribadian anak Anda.

(riz/bin)

Komentar