aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Benarkah Anak Perempuan Lebih Gemar Bertanya Dibanding Anak Laki-Laki?

Thursday, 14 March 2019 23:00:30 WIB | Agestia Jatilarasati
Benarkah Anak Perempuan Lebih Gemar Bertanya Dibanding Anak Laki-Laki?
anak perempuan lebih senang bertanya dibanding anak laki laki? (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak berusia 2 tahun, anak mulai kerap menanyakan segala sesuatu yang ia lihat, dengar dan rasakan. Ya, gemar bertanya adalah fase normal dalam tahap perkembangan anak seperti dituturkan oleh psikolog anak dari pusat konseling pengasuhan dan edukasi Sahabat Orang Tua & Anak, Hanlie Muliani M.Psi.

Namun terkadang ditemui ada anak yang sangat aktif bertanya dan ada pula yang bertanya sekadarnya. Hal ini kerap dikaitkan dengan gender bahwa anak perempuan akan lebih aktif untuk bertanya dibanding anak perempuan. Benarkah demikian?

Bedanya anak perempuan dengan anak laki laki (Deposit Photos)
Bedanya anak perempuan dengan anak laki laki (Deposit Photos)

Hanlie menuturkan bahwa gemar atau tidaknya anak untuk bertanya tidak bergantung pada gender melainkan pada ciri kepribadian anak. "Ciri kepribadian ada dua yakni introvert dan ekstrovert. Nah, ciri kepribadian ini adalah pemberian dari Tuhan, ditambah dengan kontribusi pola asuh, budaya, pendidikan dan lingkungan," ujar Hanlie Muliani, M.Psi saat dijumpai usai acara "The Launching of Gabag's 2019 Collection" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Hanlie menerangkan bahwa anak yang ekstrovert akan lebih aktif bertanya dibanding anak introvert. "Biasanya anak-anak introvert, prinsipnya itu kalau enggka penting enggak perlu diomongin. Jadi anak dengan ciri kepribadian ini cenderung enggak banyak nanya atau bercerita. Sementara anak-anak ekstrovert, dia akan mengatakan apapun yang ingin dikatakan sehingga akan lebih aktif untuk bertanya," pungkas Hanlie.

(ges / ray)

Komentar