aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Agar Si Kecil Tak Rewel Saat Diajak Jalan-Jalan Meski Tanpa Pengasuh

Friday, 10 August 2018 16:00:00 WIB | Agestia Jatilarasati
Cara Agar Si Kecil Tak Rewel Saat Diajak Jalan-Jalan Meski Tanpa Pengasuh
Cara Agar Si Kecil Tak Rewel Saat Diajak Jalan-Jalan Meski Tanpa Pengasuh (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Membawa bayi saat jalan-jalan memang susah-susah gampang. Pasalnya bayi akan cenderung rewel jika di ajak ke tempat baru apalagi di tempat yang ramai. Sebagai seorang ibu, Ayu Thari membagikan kisahnya membuat sang putri, Alruna Kinandari yang masih berusia 3 bulan tetap anteng ketika diajak berpergian.

Ayu Thari adalah seorang selebgram yang sering mengunggah kisahnya mengurus buah hati tanpa pengasuh. Bagi sebagian orang, mungkin akan merasa kerepotan untuk membawa serta anak ketika bepergian apalagi tanpa dibantu seorang nanny alias pengasuh tetapi Ayu Thari tidak merasa demikian. Kuncinya adalah komunikasi dengan anak.

"Percaya atau tidak, komunikasi yang dilakukan ibu akan dirasakan dan dimengerti oleh buah hati meski masih bayi. Sejak Kinana (panggilan akrab Alruna) lahir, saya selalu mengajak Kinana ngobrol. Misalnya saya mau vaksin Kinana, saya akan bilang, 'Kinan, kita vaksin ya. Agak sakit sedikit tetapi bikin Kinana sehat,'. Dan benar Kinana enggak rewel sama sekali saat divaksin. Ketika saya mau ajak Kinana ke sebuah acara, saya juga selalu ngobrol sama dia dan meminta dia untuk menjadi anak baik dan tidak rewel. Dan sekarang lihat kan, enggak Kinana anteng," ceritanya kepada BIntang saat ditemui di acara pembukaan MamyPoko CloudLand, di Mall Kota Kasablanka pada Jumat (10/8).

Selebgram Alruna dan buah hatinya yang baru berusia 3 bulan (Ages / Tabloidbintang.com)
Selebgram Alruna dan buah hatinya yang baru berusia 3 bulan (Ages / Tabloidbintang.com)

Selain komunikasi kepada buah hati, hal yang harus diperhatikan ibu ketika mengajak bayi berpergian menurut Ayu Thari adalah keperluan sang buah hati.

"Nah, selain komunikasi, alasan bayi rewel ketika diajak bepergian adalah kenyamanan. Makanya pastikan apa yang ia kenakan nyaman. Popok misalnya, gunakan yang paling lembut agar daya serap cepat agar tak mengganggu kenyamanan bayi. Periksa juga apakah popok anak kita itu sudah 'penuh' atau belum. Jika sudah penuh tentu anak kita akan merasa tidak nyaman sehingga menjadi rewel. Makanya aku selalu pakai popok yang ada indikator penuh-nya. Jadi kita bisa tahu popok anak kita sudah penuh atau belum tanpa harus buka tutup popoknya," ujarnya.

"Oiya, jangan lupa bawa minyak telon, baju ganti, perlengkapan toiletnya dia sama kalau bagi ibu menyusui, nursing cover agar tetap nyaman menyusui kapanpun dimanapun," tutup ibu yang masih memberika ASI Eksklusif untuk bayinya tersebut.

(ges / wida)

Komentar