aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Manfaat Bermain Piano Sejak Anak Usia Dini

Monday, 4 June 2018 22:50:12 WIB | Romauli Gultom
Manfaat Bermain Piano Sejak Anak Usia Dini
Levi Gunardi dalam konser mini Our Life on Piano di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jumat (1/6).

TABLOIDBINTANG.COM - Tak dipungkiri pendidikan musik akan memberikan banyak manfaat pada tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan belajar alat musik piano sejak usia dini.

Di masa golden age yaitu usia nol hingga 2-5 tahun, perkembangan otak anak sedang tumbuh sangat cepat, sehingga dengan bermain piano bisa melatih kecerdasan dan saraf motoriknya.

“Bermain piano sangat baik dilakukan anak-anak sejak usia dini, karena banyak sekali manfaatnya. Dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, melatih kecepatan motorik dan anak menjadi lebih kreatif,” ujar Concert Pianist, Composer, dan Founder Life on Piano Music Center, Levi Gunardi dalam konser mini Our Life on Piano di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jumat (1/6).

Levi menambahkan bermain piano tidak memiliki batasan usia, mulai dari anak-anak sampai lansia karena musik bisa dinikmati segala usia. Bahkan, ada anak berusia 3 tahun disini yang sudah belajar main piano hingga lansia.

Tak hanya itu, manfaat lain main piano adalah untuk melatih keberanian anak salah satunya dengan tampil di berbagai konser dan festival hingga ke luar negeri.

"Minggu depan, saya akan membawa 16 anak didik untuk mengikuti Singapore Music Teacher Association (SMTE) Festival. Mereka akan mengikuti kompetisi selama dua pekan,” jelasnya.

Bermain piano, kata Levi, bukan sekedar mendapat nilai yang bagus, akan tetapi melatih anak berani berekspresi di depan umum. Selain itu, anak juga bisa percaya diri bermain di atas panggung. Sehingga orang tua tentu akan bangga.

"Tujuan utama kami bukan sekedar mendapat nilai bagus saja, tapi anak mau berani tampil. Setelah 3 bulan berlatih kami selalu dorong ke panggung," jelas Levi.

Dalam kesempatan ini, Life on Piano Music Center yang tahun ini genap berusia 5 tahun menggelar konser mini bersama para guru dan siswa. Levi berharap anak-anak mau terus berlatih mengasah dan mengembangkan kemampuan bermusik mereka.

Komentar