aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bukan Makanan, Ini 4 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Sering Tidak Disadari

Sunday, 14 January 2018 19:00:00 WIB | TEEN.CO.ID
Bukan Makanan, Ini 4 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Sering Tidak Disadari
Bukan Makanan, Ini 4 Penyebab Naiknya Berat Badan yang Sering Tidak Disadari (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bertambah gemuk atau naik berat badan merupakan momok bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, kenaikan berat badan tidak melulu disebabkan karena kebanyakan makan.

Empat hal berikut ini bahkan tidak ada hubungannya dengan nafsu makan berlebih, namun sangat mungkin menambah berat badan kita secara nyata. 

Dehidrasi 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Saat kalian dehidrasi dan kurang mengonsumsi air putih juga bisa menyebabkan berat badan jadi naik. Pasalnya saat tubuh dehidrasi maka metabolisme pun akan melambat dan bisa menyebabkan berat badan lebih mudah naik.

Tidak cukup tidur

Saat kalian selalu begadang dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup juga bisa menjadi penyebab dari kenaikan berat badan. Saat kurang tidur maka tubuh akan menghasilkan hormon kortisol (stres) dan insulin yang bisa membuat tubuh menyimpan lemak ekstra.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Sedang mengalami stres

Saat kita merasa terus-menerus stres maka tubuh pun akan selalu mengeluarkan hormon kortisol (stres) yang bisa membuat tubuh kita semakin gemuk. Stres memang bisa menyebabkan banyak efek negatif bagi tubuh kita selain menambah berat badan. Lalu stres juga bisa membuat kita terkena penyakit mental seperti depresi.

Mengalami pra diabetes

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Pra diabetes adalah keadaan di antara tubuh masih memiliki kadar gula yang normal tapi tubuh juga sudah mulai resisten dengan hormon insulin. Salah satu gejalanya adalah saat berat badan naik. Hal itupun disebabkan karena hati tidak hanya menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi saja tapi juga akan diubahnya menjadi lemak. 

TEEN.CO.ID

Komentar