aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Dalam Diet, Perut Bagian Tubuh Yang Paling Sulit Dikecilkan. Mitos Atau Fakta?

Sunday, 3 December 2017 00:30:31 WIB | Wayan Diananto
Dalam Diet, Perut Bagian Tubuh Yang Paling Sulit Dikecilkan. Mitos Atau Fakta?
Perhatikan pola diet dan sesuaikan dengan standar WHO. (Foto: Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Anda pernah atau sedang menjalani diet? Saat diet, bagian tubuh mana yang paling sulit dikecilkan? Mayoritas kaum hawa bilang perut paling sulit dikecilkan. Benarkah? Nutritionist Marie France Bodyline, Anette Rehanawaty Kalia menjelaskan, perempuan memiliki karakter tubuh berbeda-beda. Sementara dalam diet, tidak ada nutrisi yang khusus untuk mengecilkan perut. Yang perlu dilakukan perempuan, mengurangi asupan kalori untuk mencapai bentuk tubuh yang optimal.

"Biasanya lengan, paha, dan perut (yang sulit dikecilkan saat diet). Tentang makanan pantangan untuk perut, disarankan menghindari bir dan alkohol. Kadar kalori alkohol sama dengan lemak. Satu gram lemak itu 9 kalori sementara satu gram alkohol mencapai 7 kalori. Tidak heran, mereka yang minum alkohol paha dan lengan tetap kecil tapi perut membuncit," terang Anette di Jakarta, pekan ini.

Ia mengingatkan, peningkatan berat badan butuh proses sama seperti menurunkan berat badan. Sebelum mulai diet, perhatikan kebutuhan kalori Anda dalam sehari. Jika menginginkan tubuh ideal maka asupan kalori mesti dikurangi. Komposisi diet yang aman menurut standar organisasi kesehatan dunia, WHO yaitu 55 sampai 60 persen kebutuhan karbohidrat difokuskan pada karbohidrat tinggi serat (bukan karbohidrat dari tepung-tepungan).

"Protein sebesar 11 sampai 15 persen baik hewani maupun nabati. Lemak tidak perlu dihindari. Hanya, pilihlah lemak sehat seperti minyak zaitun dan komposisinya sekitar 30 persen. Nasi tidak dihindari sama sekali. Untuk yang terbiasa makan nasi, tetap dapat menikmatinya," jelas Aneette.

Marketing Manager Marie France Bodyline, Rhesya Agustine menerangkan, saat ini program perawatan dan body shaping bukan hanya untuk mereka yang sudah berumur. Saat ini, remaja sudah menyadari pentingnya perawatan diri untuk body image. "Artinya kesadaran merawat tubuh dan menjaga kesehatan tumbuh sejak dini. Kami di Marie France Bodyline tidak peduli dengan ukuran, karena semua ukuran adalah cantik, asal memiliki bentuk yang bagus," ujarnya.

Komentar