aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ita Purnamasari Berbagi Rahasia Tetap Segar di Usia Setengah Abad

Sunday, 5 November 2017 02:00:44 WIB | Indra Kurniawan
Ita Purnamasari Berbagi Rahasia Tetap Segar di Usia Setengah Abad
Ita Purnamasari Berbagi Rahasia Tetap Segar di Usia Setengah Abad (dok. Pribadi)

TABLOIDBINTANG.COM - Pada 15 Juli lalu, penyanyi Ita Purnamasari genap berusia setengah abad. Hebatnya, Ita terlihat awet muda dan tetap produktif. Sebuah konser tunggal merayakan 30 tahun perjalanan kariernya tengah dipersiapkan. Apa resep awet muda Ita? 

Vokal Ita Purnamasari jelas dan jernih ketika melantunkan soundtrack film Duka Sedalam Cinta yang berjudul “Pesan Cinta”. Nada-nada tinggi dia jangkau dengan stabil. Menurut Ita dalam wawancara empat mata dengan Bintang di kawasan selatan Jakarta, pekan lalu, ada beberapa faktor yang membuat vokalnya terjaga baik. 

“Saya itu malah kurang suka olahraga. Tahu enggak apa olahraga saya? Saya suka jalan-jalan di mal pakai sepatu kets. Walaupun di mal, lumayan untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu saya menjaga pola makan dan minum resep tradisional seperti makan kencur mentah tiap hari untuk menjaga suara. Saya juga rutin melatih nada-nada tinggi dengan bermain piano sendiri di rumah,” terang penyanyi era 90-an yang terkenal dengan lagu “Cintaku Padamu”

Ita Purnamasari Berbagi Rahasia Tetap Segar di Usia Setengah Abad (dok. Pribadi)
Ita Purnamasari Berbagi Rahasia Tetap Segar di Usia Setengah Abad (dok. Pribadi)

Menggunakan kencur sebagai ramuan untuk menjaga kualitas suara dipelajari Ita dari penyanyi yang lebih senior lagi, Hetty Koes Endang.

“Saya melihat Mbak Hetty diwawancarai di sebuah stasiun televisi. Mbak Hetty bilang, supaya kualitas suara tetap jernih, dia makan kencur. Semenjak itu saya mencoba resepnya. Alhamdulillah, ternyata benar,” kata istri musisi Dwiki Dharmawan ini bersemangat. 

Cukup ambil kencur berukuran kecil, kupas, cuci dengan air hangat, lalu ia kunyah dan telan.

“Orang suka bilang kencur enggak enak. Buat saya enak. Kan berguna untuk kesehatan,” kata Ita sembari menambahkan, ia juga rutin minum madu setiap malam.

“Alhamdulillah saya jarang sakit. Untuk stamina boleh diadu dengan yang muda, ha ha ha,” sambung dia. 

(ind / gur)

Komentar