aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Manfaat Air Kelapa Muda, Dari Sumber Vitamin C Hingga Kolagen

Monday, 30 October 2017 00:30:31 WIB | Wayan Diananto
Manfaat Air Kelapa Muda, Dari Sumber Vitamin C Hingga Kolagen
Air kelapa muda kaya vitamin C. (dok. Tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Kita sering mendengar manfaat air kelapa muda sebagai pengangkal racun yang menyelinap ke dalam tubuh. Namun, benarkah manfaat air kelapa muda hanya sebatas itu? Dr. Karin Wiradarma dalam diskusi media "Manfaat Air Kelapa dan Pesona Indonesia" menjabarkan betapa air kelapa muda kaya manfaat. Apa saja?

Serat dan Elektrolit

Karin mengatakan, dalam sebuah kelapa muda, Anda bisa mendapatkan 120 sampai 240 mililiter air atau setara dengan satu gelas. Dari jumlah itu, ia hanya mengandung 46 kalori dan 9 gram karbohidrat. Termasuk sedikit untuk segelas minuman. Maka, air kelapa muda sangat bagus untuk mereka yang sedang diet. Air kelapa muda terdiri dari 95 persen air, nyaris tanpa lemak. Selain itu, air kelapa kaya akan serat, bagus untuk kesehatan pencernaan.

"Karena kaya serat, air kelapa muda memberi efek kenyang lebih lama. Di dalam air kelapa muda juga tersimpan vitamin C yang bermanfaat memproduksi kolagen. Kolagen berfungsi menjaga kesehatan kulit, tulang, serta gusi. Tak hanya itu, air kelapa mengandung elektronit seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Mereka adalah elektron utama yang menyusun darah dan cairan tubuh kita," terang Karin, di Jakarta, belum lama ini.

Kalsium komponen utama untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi. Sementara kalium, kalsium, dan magnesium menjaga kontraktilitas otot. Bentuknya yang berupa air memudahkan proses rehidrasi, mengganti cairan tubuh yang hilang saat Anda beraktivitas. Cairan yang hilang, kata Karin, harus segera diganti mengingat 60 persen tubuh kita terdiri dari cairan.

"Nah, air kelapa komposisinya serupa dengan cairan tubuh. Karenanya pada era perang dunia 2, ketika para korban berjatuhan sementara jumlah peranti medis sangat terbatas, air kelapa sempat dipakai untuk pengganti cairan infus, dimasukkan ke pembuluh darah," urai dia.

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai pengganti minuman olahraga. Tak hanya olahraga, saat traveling ke luar pulau bahkan ke luar negeri, Anda bisa kehilangan banyak cairan. Ini karena saking asyik menjelajah tempat-tempat indah, Anda lupa makan dan minum. Atau, ingin makan namun menu yang tersaji di daerah setempat kurang cocok dengan selera Anda. Air kelapa bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengganti cairan tubuh selama pelesir.

Suasana diskusi media Manfaat Air Kelapa dan Pesona Indonesia (Wayan Diananto / tabloidbintang.com)
Suasana diskusi media Manfaat Air Kelapa dan Pesona Indonesia (Wayan Diananto / tabloidbintang.com)

Air Kelapa Dalam Kemasan

Jika kesulitan mencari air kelapa muda dari sumbernya, Anda bisa melirik air kelapa muda dalam kemasan. Salah satunya, Hydro Coco yang diproduksi Kalbe Beverages. Head of Marketing Kalbe Beverages PT Kalbe Farma Tbk., Arwin N. Hutasoit menerangkan, Kalbe Beverages salah satu divisi Kalbe Farma yang belum lama dibentuk. Ia hadir untuk memberikan pilihan minuman sehat kepada keluarga Indonesia. Dua produk unggulannya, Love Juice dan Hydro Coco.

Hydro Coco sendiri hadir dalam dua varian yakni original dan Bits. "Hydro Coco Bits ditambah lemon dan nata decoco di dalamnya. Selain mengedepankan manfaat, kami menggunakan bahan baku kelapa dalam negeri. Kelapanya dari Kepulauan Riau, daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Per tahun, kawasan ini menghasilkan 400 ribu ton dipasarkan ke seluruh Indonesia hingga luar negeri," Arwin memaparkan.

Indonesia salah satu produsen kelapa terbesar di dunia di samping, India dan Filipina. Selain bahan baku yang unggul, pengolahan menjadi kunci dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi. Dalam proses produksi Hydro Coco misalnya, komponen lemak dipisahkan sehingga air kelapa tetap murni dan alami. Air kelapa yang nyaris tanpa lemak itu diolah dengan teknologi ultra-high temperature dan aseptic. Tanpa bahan pengawet, pewarna, serta pemanis buatan.

Tahun ini, Hydro Coco menegaskan komitmennya untuk membuat masyarakat lebih bangga kepada Indonesia. Agustus lalu, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius dan Menteri Pariwisata Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. menandatangani kerja sama co-branding dengan program "Pesona Indonesia (Wonderful Indonesia)." Salah satu bentuk kerja sama itu, dengan meluncurkan Hydro Coco kemasan khusus.

Peluncuran kemasan ini didasari 2 pemikiran yakni, Indonesia negeri yang kaya sumber daya alam. Terbukti, Indonesia menghasilkan 18,3 juta ton kelapa per tahun. Tak hanya itu, indahnya panorama Indonesia telah dikenal dunia sejak dulu. Keindahan panorama Indonesia diabadikan dalam kemasan Hydro Coco.

"Dari sekian banyak panorama Indonesia, kami memilih empat untuk diabadikan dalam kemasan yakni Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Raja Ampat Papua, Broken Beach dan Pantai Atuh di Nusa Penida, Bali," Arwin menukas.

Kerja sama ini disambut baik pihak Kementerian Pariwisata Indonesia. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti optimistis, kerja sama ini akan menghasilkan win-win solution untuk mempromosikan panorama maupun produk berkualitas buatan Indonesia.

"Sempat saya bertanya kenapa empat destinasi itu yang dipilih untuk dijadikan kemasan produk. Rupanya, Kalbe Farma bermaksud mengangkat destinasi wisata yang belum banyak tereskpos agar lebih dikenal dunia. Saya menyambut hangat niat baik ini," papar Esthy.

Komentar