aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Terhindar dari Katarak Hindari Sinar Matahari pada Jam Ini

Monday, 9 October 2017 05:30:00 WIB | Yuriantin
Agar Terhindar dari Katarak Hindari Sinar Matahari pada Jam Ini
Matahari siang hari harus dihindari agar terhindar dari katarak (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Katarak jadi gangguan mata dengan jumlah paling tinggi di Indonesia. Penyebab utamanya pada orang dewasa adalah faktor usia dan sinar ultraviolet.

Menurut dokter spesialis mata Rita Polana dari rumah sakit Pondok Indah, 50 persen mereka yang berusia di atas 50 tahun menderita katarak. Sedangkan sinar ultraviolet B yang menjadi faktor risiko lain dari katarak. 

"Sinar UV A muncul pada pukul 7-10 yang baik untuk kesehatan tulang. Sedangkan, sinar UV B muncul setelah pukul 10 pagi dan rentan sebabkan katarak," ungkap dokter yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia ini pada Jumat (6/10) di Jakarta. Jika harus beraktivitas di luar ruangan pada jam tersebut, Rita menganjurkan untuk memakai kacamata hitam atau caping (topi petani). 

Komplikasi obat juga jadi faktor risiko lain dari katarak. Salah satunya adalah konsumsi suplemen yang mengandung steroid. 

Agar penanganan katrarak lebih cepat, Rita menganjurkan untuk memperhatikan gejala katarak. "Gejala katarak biasanya melihat sesuatu seperti berasap, berawan, berkabut atau sinar tampak pecah," pungkas dia. 

(yuri / wida)

Komentar