aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Waspada Frozen Shoulder, Ini Pertanda Tas Anda Terlalu Berat

Monday, 15 May 2017 17:30:01 WIB | Yuriantin
Waspada Frozen Shoulder, Ini Pertanda Tas Anda Terlalu Berat
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Spesialis kedokteran olahraga Andi Kurniawan pernah mengungkapkan sekitar 80% masalah bahu wanita terjadi akibat beban tas yang terlalu berat. Tidak hanya bahu, tas yang terlalu berat juga rentan memicu sakit punggung. 

Sayangnya, hal ini kerap tidak disadari hingga rasa sakit tersebut menjadi parah dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Frozen shoulder misalnya, yaitu kondisi sendi di sekitar bahu yang kaku dan terbatas ruang geraknya, bisa disebabkan kebiasaan membawa tas yang berat.

Untuk mencegah hal ini, waspadai beberapa ciri-ciri berikut yang menandakan tas yang Anda bawa terlalu berat. 

Tas yang tidak awet: Jika benang dan pinggiran tas cepat rusak, ini pertanda Anda sering membawa beban yang terlalu berat.

Cara berjalan yang aneh: Perhatikan langkah kaki ketika berjalan saran instruktur Pilates Alessa Caridi. Jika langkah satu kaki lebih panjang dibanding yang lainnya, ini pertanda beban tas yang dibawa terlalu berat. Karena langkah yang tidak sama ini merupakan cara tubuh menyeimbangkan diri, seperti dilansir laman Bustle.

Posisi bahu yang miring: Sebelum membawa tas Anda, berkacalah sembari mengenakan tas. Posisi badan atau bahu yang miring menandakan tas Anda terlalu berat.

Timbul rasa sakit: Banyak hal bisa memicu sakit kepala. Salah satunya, penggunaan tas tangan yang menyebabkan salah satu sisi tubuh bekerja berlebihan. Sakit leher hingga mati rasa pada lengan juga rentan dialami ketika membawa tas yang terlalu berat.

Bekas tali tas pada bahu: Tas yang terlalu berat akan menekan kulit dan meninggalkan bekas. Bekas ini terkadang diikuti kulit yang memerah dan sensasi terbakar.

(yuri/yb)

Komentar