aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Jangan Takut Konsumsi Garam, Ternyata Ampuh Membakar Lemak

Monday, 15 May 2017 16:00:37 WIB | Yuriantin
Jangan Takut Konsumsi Garam, Ternyata Ampuh Membakar Lemak
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Diet mayo atau dikenal juga sebagai diet rendah garam sempat populer beberapa tahun terakhir. Diet ini dipercaya ampuh menurunkan berat badan dan menjaga tekanan darah. 

Mereka yang tidak menerapkan diet mayo pun berusaha membatasi konsumsi garam harian. Namun, jangan sampai Anda meniadakan garam dalam makanan Anda. Pasalnya, menurut penelitian terbaru garam bisa membakar lemak tubuh.

Kesimpulan ini diperoleh dari eksperimen yang menunjukkan tikus percobaan yang mengonsumsi makanan asin mengeluarkan hormon bernama glucocorticoid yang memengaruhi metabolisme dan sistem imun. Hormon ini memecah lemak dan otot untuk mengambil air dari jaringannya dan mengeluarkan sodium yang berlebih, seperti dilansir laman Woman's Day.

Inilah yang menyebabkan meningkatnya jumlah urin dalam tubuh ketika mengonsumsi makanan asin. Proses ini menghabiskan energi dan meningkatkan nafsu makan. Mungkin alasan inilah yang menyebabkan diet mayo membatasi asupan garam agar tidak timbul keinginan untuk makan terus menerus.

Namun, pastikan konsumsi garam harian tetap terpenuhi mengingat dampak positifnya dalam membakar lemak. Panduannya, cukup batasi 1 sendok teh garam per harinya.

(yuri/yb)

Komentar