aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Manfaat ASI untuk Mencuci Tali Pusat, Bisa Lebih Cepat Kering Tanpa Infeksi!

Monday, 17 April 2017 15:10:00 WIB | Carisya Nuramadea
Manfaat ASI untuk Mencuci Tali Pusat, Bisa Lebih Cepat Kering Tanpa Infeksi!
Tali pusat bayi bisa dicuci menggunakan ASI (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah jadi pengetahuan umum kalau ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik untuk bayi. ASI mengandung antibodi yang bisa melawan bakteri yang ada di kulit. Setelah melahirkan, tali pusat bayi perlahan-lahan terputus. Membersihkan tali pusat dengan antiseptik, seperti yang direkomendasikan World Health Organization, sebenarnya dapat membunuh sel darah putih.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mencuci tali pusat bayi dengan ASI, dibandingkan dengan antiseptik atau ethanol, dapat membuat tali pusat lebih cepat lepas tanpa menyebabkan infeksi.

Kemampuan ASI dalam melawan penyakit juga dapat menghilangkan masalah bayi seperti ruam popok atau masalah mata pada bayi (clogged tear ducts).

Untuk masalah mata clogged tear ducts, teteskan beberapa tetes ASI ke area mata bayi dua kali dalam sehari. Sedangkan untuk ruang popok, bersihakan pantat bayi lalu oleskan ASI ke area ruam dan biarkan kering selama satu menit sebelum Anda memakaikannya dengan popok baru. Pastikan ASI tidak ditaruh di tempat dingin atau dihangatkan karena dapat merusak kualitas atau antibodi yang terkandung di dalamnya.

(dea/wida)

Komentar