aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sebelum Menurunkan Berat Badan, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Thursday, 9 March 2017 03:30:04 WIB | Wayan Diananto
Sebelum Menurunkan Berat Badan, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Sebelum mengatur pola makan, cek lebih dulu apa tujuan Anda mengatur pola makan? (depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak metode menurunkan berat badan. Mulai dari menjalani diet berdasar golongan darah, diet OCD, hingga yang sekarang sedang menjadi tren diet ketogenik. Ladies, jika Anda tertarik melangsingkan badan, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan.

Dr. Marya Hartono, SpGK dari Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta mengingatkan hakikat diet adalah pengaturan makan. Motif pengaturan pola makan pun bervariasi pada setiap orang. Ada yang ingin menurunkan berat badan, ada yang ingin badan fit, ada juga yang ingin makan sesuai dengan kondisi penyakit yang tengah dideritanya.

"Karenanya langkah pertama sebelum menjalani diet, kunjungi dokter untuk dapat dinilai status kesehatan, kebutuhan nutrisi, dan apakah ada indikasi untuk diberikan modifikasi diet tertentu. Kedua, diet pada seseorang belum tentu berdampak sama pada diet orang lain. Jadi jangan asal ikut-ikutan," ujar Marya di Jakarta, pekan ini.

Diet untuk menurunkan berat badan misalnya, harus memperhatikan kondisi kesehatan, aktivitas harian, kondisi kejiwaan, status sosial ekonomi, dan bahkan jenis pekerjaan. Ketiga, berapa lama hendak menurunkan berat badan? Marya mengingatkan, penurunan berat badan yang terlalu banyak dalam waktu singkat berisiko menimbulkan efek samping pada status kesehatan seseorang. Karenanya, diperlukan pengawasan.

Keempat, diet menurunkan berat badan lebih baik dengan membatasi asupan kalori. Caranya, tetap makan dengan komposisi nutrisi seimbang secara teratur. Pilih bahan makanan yang sehat dan alami. Kurangi karbohidrat simpel seperti gula, gula merah, atau madu. Kurangi pula karbohidrat olahan seperti tepung dan nasi lembek alias bubur.

"Perbanyak serat dari buah dan sayur. Makan cukup lauk pauk sebagai sumber protein. Kurangi sumber lemak jenuh terutama dari minyak goreng, minyak kelapa. Kelima, jalanilah kebiasaan hidup sehat dengan menghentikan merokok, tidak konsumsi alkohol, dan meningkatkan aktivitas fisik," pungkas Marya.

(wyn/wyn)

Komentar