aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Duduk atau Jongkok, Posisi Seperti Apa yang Tepat Saat Buang Air Besar?

Sunday, 21 March 2021 04:00:23 WIB | AURA
Duduk atau Jongkok, Posisi Seperti Apa yang Tepat Saat Buang Air Besar?
Buang air besar adalah salah satu aktivitas setiap manusia yang tidak dapat ditinggalkan, bahkan jika tidak melakukannya akan timbul penyakit. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - BUANG air besar adalah salah satu aktivitas setiap manusia yang tidak dapat ditinggalkan, bahkan jika tidak melakukannya akan timbul penyakit.

Dalam proses buang air besar, ada yang memilih melakukannya dengan menggunakan toilet duduk dan ada pula yang memilih menggunakan tipe toilet jongkok.

Namun banyak orang masih belum menyadari dan mengetahui pentingnya posisi tubuh saat buang air besar.

Meski terdengar sebagai hal sepele, namun posisi saat buang air besar memiliki dampak penting bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

Para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa posisi jongkok saat buang air besar merupakan pilihan yang lebih disarankan. Sementara buang air besar dengan cara duduk selama ini menjadi pilihan yang kurang tepat.

Pasalnya, buang air besar dengan cara jongkok mempermudah keluarnya kotoran tanpa perlu menekan menggunakan tekanan berlebihan.

Sedangkan buang air besar dengan cara duduk mengharuskan seseorang mendorong lebih. Proses menekan atau mengejan terlalu lama merupakan faktor utama untuk terserang penyakit wasir atau hernia, yang akhirnya perlu ditangani dengan pengobatan tertentu.

Bagi yang sudah terbiasa buang air besar dengan menggunakan posisi jongkok, maka sudah tepat dan dapat terhindar dari penyakit seperti di atas.

Sebab, saat berada dalam posisi jongkok, usus membentuk sudut yang sesuai hingga akhirnya membuat Anda tidak perlu mendorong dengan tekanan agar kotoran keluar.

Sementara saat duduk, posisi usus tertekuk sehingga membutuhkan usaha lebih untuk buang air besar menggunakan dorongan ekstra.

Komentar