aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ternyata Salah, Talenan Lucu Ini Bukan untuk Alas Memotong Sayur dan Daging

Monday, 1 March 2021 14:30:18 WIB | Wida Kriswanti
Ternyata Salah, Talenan Lucu Ini Bukan untuk Alas Memotong Sayur dan Daging
Talenan. (dok.Indonesiastore)

TABLOIDBINTANG.COM - Harga talenan kayu yang asli tidaklah murah. Namun karena bentuknya yang lucu -- berbentuk kotak dengan pegangan di salah satu sisinya, dan bagus kalau difoto -- sering muncul di Instagram tema memasak, banyak ibu rumah tangga bela-belain membelinya. Yang penting punya.

Talenan kayu itupun kemudian sering dipakai sebagai alas memotong, mulai dari memotong aneka bumbu, sayuran, hingga daging dan ikan. Tanpa disadari bahwa ternyata peruntukkannya tidak tepat. Karena talenan model ini sebetulnya adalah untuk alas memotong roti.

Diungkap Country Living, dulunya talenan model ini disebut bread board, alih-alih cutting board. Maka ketika Anda tidak memakai talenan ini untuk memotong roti -- kecuali di masa pandemi Anda jadi rajin membuat roti tawar homemade -- bukan berarti boleh dialihfungsikan sebagai alas untuk memotong bahan makanan lain.

Mengapa? Karena bread board aslinya tidak dibuat dengan kekuatan tahan sayatan dan tahan basah.

Maka jika digunakan tidak sesuai peruntukkannya, talenan akan rusak, permukaannya berubah bentuk tidak licin lagi, hingga menyebabkan endapan bahan makanan masuk ke sela-sela bagian yang rusak itu. Tentu ini berbahaya dari segi higienitas. Bakteri dan jamur bisa berkembang biak di sana walau talenan sudah dicuci. Ini akan menjadi sumber penyakit serius bagi keluarga Anda.

Menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda membeli lebih dari satu jenis talenan yang memang sesuai fungsinya. Walau bentuknya tidak semenggemaskan bread board, tapi bukankah kesehatan tetap paling utama?

Komentar