aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Festival Isi Piringku 2021, Perkenalkan Menu Gizi Seimbang kepada Anak Sejak Dini

Saturday, 27 February 2021 00:05:53 WIB | Adi Adrian
Festival Isi Piringku 2021, Perkenalkan Menu Gizi Seimbang kepada Anak Sejak Dini
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Riset Kesehatan Dasar RI tahun 2018 membeberkan, proporsi anak dengan status gizi pendek atau sangat pendek (stunting) sekitar 30,8 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka yang dianjurkan WHO yakni di bawah 20 persen. Data terkini World Bank menyebut akibat pandemi Covid-19 sejak 2020, tingkat kemiskinan melonjak 10,7 hingga 11,6 persen. Ini menghambat akses anak-anak terhadap konsumsi pangan sesuai gizi seimbang. Fakta dan data ini mengundang keprihatinan sejumlah pihak, salah satunya Danone Indonesia.

Memperingati Hari Gizi Nasional, Danone Indonesia menggelar secara daring Festival Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun yang mengajak ribuan guru dan anak Indonesia dengan tajuk “Membangun Generasi Sehat Melalui Edukasi Gizi seimbang Sejak Dini.” Direktur Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Dr. Dhian Dipo, SKM., MA, menjelaskan, Pemerintah telah membuat strategi dan berbagai program untuk menurunkan angka stunting hingga 14 persen pada 2024 agar tumbuh kembang anak Indonesia optimal.

“Kami menyambut kampanye Isi Piringku, semoga memberi pengetahuan dan pemahaman ibu dalam memberi makan bayi dan anak bergizi seimbang dalam isi piringku sekali makan,” katanya. Ketua tim penyusun buku Isi Piringku 4-6 tahun dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof. Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MSi., mengingatkan ada sejumlah tantangan yang dihadapi orangtua dan guru PAUD dalam membiasakan konsumsi pangan sesuai gizi seimbang pada anak. Selama pandemi Covid-19, mereka cepat bosan.

“Anak cepat bosan di rumah. Program Isi Piringku bertujuan mengedukasi orangtua, anak, dan guru PAUD. Buku ini memandu orangtua dan guru PAUD untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak di rumah,” urai Sri. Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, menerangkan, Festival Isi Piringku menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti Lomba Foto Kreasi Menu Anak, Lomba Kreativitas Guru saat Belajar Daring serta Lomba Gerak dan Lagu Isi Piringku.

Sebagai mitra pemerintah dalam penanggulangan stunting, Danone Indonesia membangun pengetahuan soal gizi seimbang melalui pembuatan buku panduan, pelatihan guru PAUD dan orangtua, serta kegiatan edukatif untuk anak di rumah. “Kami juga sediakan produk bergizi khusus untuk menjawab tantangan kebutuhan gizi pada anak. Contohnya peluncuran SGM Eksplor Pro-gress Maxx yang dilengkapi dengan mikronutrien zat besi dan Vitamin C maupun Omega 3 & 6, Kalsium, Vitamin D, Vitamin B, dan lainnya,” tutup Karyanto.

Komentar