aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Berlebihan Stok ASIP? Pakai Buat Mandi si Kecil Saja

Tuesday, 9 February 2021 17:00:23 WIB | Wida Kriswanti
Berlebihan Stok ASIP? Pakai Buat Mandi si Kecil Saja
Kelebihan milk bath yang dibuat pakai ASI sendiri, bayi akan beraroma khas menyegarkan sekaligus mendapatkan banyak kebaikan lainnya. (Pexels/Dalila Dalprat)

TABLOIDBINTANG.COM - Kelebihan milk bath yang dibuat pakai ASI sendiri, bayi akan beraroma khas menyegarkan sekaligus mendapatkan banyak kebaikan lainnya.

Berikut beberapa manfaat milk bath ASI untuk kesehatan kulit si kecil, seperti dilansir dari HealthLine.

1. Jerawat
Kandungan lauric acid atau asam laurat pada ASI dapat membantu melawan jerawat bayi. Kandungan asam laurat biasa terdapat pada produk skin care. Ada juga pada coconut oil atau minyak kelapa.

2. Luka gigitan serangga
Masalah kulit lain yang biasa dialami bayi ini juga bisa diatasi dengan milk bath ASI. Kandungan antibakterial dan antibodi pada ASI bisa mengatasinya.

3. Ruam popok
Kebanyakan bayi mengalami masalah ruam popok. Mandi ASI bisa membantu mengatasinya. Bahkan hasilnya sama efektif atau setara dengan penggunaan hydrocortisone 1 persen.

Banyak orang tua membeli produk sabun bayi yang mengandung susu. Tulisan yang biasa tertera pada kemasannya 'milk bath'. Padahal, ibu yang menyusui dan memiliki stok ASIP atau ASI perah yang cukup melimpah bisa membuat sendiri milk bath buat mandi si kecil.

Di luar urusan menjaga kesehatan kulit bayi, ASI sendiri telah lama diketahui bermanfaat untuk menyembuhkan luka infeksi pada anak. Termasuk juga luka atau lecet puting ibu saat masa menyusui. Cukup oleskan secara teratur atau setiap kali menyusui sebagai upaya pencegahan.

Komentar