aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Manfaat Suplemen Kolagen yang Perlu Anda Ketahui

Thursday, 14 January 2021 22:00:23 WIB | Khairunnisa Nanda
5 Manfaat Suplemen Kolagen yang Perlu Anda Ketahui
Tubuh kita membutuhkan kolagen, mulai dari kulit, tulang, rambut, hingga sistem pencernaan. (

TABLOIDBINTANG.COM - Tubuh kita membutuhkan kolagen, mulai dari kulit, tulang, rambut, hingga sistem pencernaan. Kini, ada kolagen yang bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau kapsul, yang merupakan tambahan protein esensial dalam tubuh kita.

“Kolagen adalah jenis protein yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan, dari tulang dan tulang rawan hingga kulit, rambut, mata, dan sistem pencernaan,” kata Sonya Angelone, RDN, yang berpraktik di San Francisco serta seorang juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. Nah, berikut 5 manfaat suplemen kolagen untuk tubuh.

1. Membantu Mencegah Penuaan Dini
Kolagen adalah "lem" yang menyatukan sel-sel tubuh Anda, kata Angelone. Setidaknya, berdasarkan penelitian, menyatukan sekitar sepertiga dari protein dalam tubuh kita. Nah, masalahnya, seiring pertambahan usia, tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen. Khususnya mulai usia tiga sampai empat puluhan. Peptida (molekul) kolagen yang ditambahkan lewat konsumsi suplemen kolagen ini dapat berfungsi membantu mencegah penuaan dini dan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Menjadi Sumber Protein yang Mudah Dicerna
Tubuh Anda bekerja keras untuk mencerna protein dari sumber makanan berat seperti ayam atau daging sapi. Akhirnya, Beberapa orang mengalami gejala masalah pencernaan seperti bersendawa atau sakit perut setelah makan. Suplemen kolagen memiliki zat-zat yang mudah terurai oleh tubuh pada proses pencernaan. Zat tersebut kemudian bekerja di dalam tubuh sehingga dapat membantu mencerna makanan secara lebih baik.

3. Membantu Menyamarkan Kerutan dan Meningkatkan Elastisitas Kulit
Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, suplemen kolagen sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dalam ulasan Januari 2019 di Journal of Drugs in Dermatology, para peneliti menganalisis 11 studi acak terkontrol, bagaimana dampak mengonsumsi 10 gram suplemen kolagen per harinya pada 800 pasien. Dan terbukti meningkatkan elastisitas kulit, membantu mempertahankan kelembapan, serta meningkatkan kepadatan serat kolagen dalam kulit. “Sepuluh gram per hari adalah satu sendok kecil,” kata Lachman, ahli diet pengobatan fungsional di Cleveland Clinic di Ohio. Ini bisa menjadi langkah kecil dalam mempertahankan penampilan awet muda yang Anda impikan.

4. Membantu Mengurangi Nyeri Pada Sendi
Nyeri sendi menyebabkan Anda sulit melakukan banyak aktivitas seperti bekerja, berolahraga, dan lainnya. Tentu saja ini akan menghambat kehidupan Anda. Mengonsumsi suplemen kolagen, dapat membantu meredakan nyeri sendi, sehingga aktivitas harian pun berjalan lancar.

“Ada beberapa bukti bahwa kolagen sangat bagus untuk mendukung jaringan ikat dan mengurangi nyeri sendi setelah berolahraga,” kata Angelone. Setelah mengonsumsi 5 gram peptida kolagen selama 12 minggu, seorang atlet dengan nyeri lutut, merasa nyerinya jadi berkurang. Ini didasari sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2017 di jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism. Kolagen oral dapat mendukung perbaikan tulang rawan dan mungkin juga memiliki efek anti inflamasi.

5. Menjaga Kesehatan Tulang Melalui Kandungan Peptida-nya
Menurut National Osteoporosis Foundation, kepadatan mineral tulang mulai menurun seiring bertambahnya usia, terutama terjadi setelah menopause. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 102 wanita pascamenopause, terbukti, peserta yang mengonsumsi suplemen kolagen--yang mengandung peptid—selama satu tahun secara rutin, meningkat kepadatan tulang mereka. Para peneliti menjelaskan bahwa ini karena kolagen merangsang pembentukan tulang dan memperlambat pengeroposan tulang.

(khairunissa nanda/val)

Komentar