aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Jangan Jadikan 6 Makanan Ini sebagai Menu Sarapan Anda!

Sunday, 13 December 2020 09:00:23 WIB | AURA
Jangan Jadikan 6 Makanan Ini sebagai Menu Sarapan Anda!
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebelum beraktivitas sepanjang hari, biasanya kita memulai hari dengan sarapan. Berbagai menu pilihan sarapan pun biasanya kita coba. Mulai dari makanan yang gurih sampai dengan makanan yang  manis. 

Tapi tahukah Anda bahwa ada makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi ketika sarapan? Apa sajakah makanan-makanan tersebut? Menurut Corrina Rachel, salah seorang certified holistic health coach, enam makanan ini sebaiknya Anda hindari untuk sarapan.

Kue dan dessert 
Kue dan berbagai dessert, seperti donat, croissant, dan lainnya. Kue-kue tersebut tidak baik karena biasanya mengandung tepung putih yang telah diproses sehingga nutrisi dan seratnya telah hilang. Selain itu, kue-kue tersebut biasanya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang dapat membuat cepat lapar.

Anda dapat mengganti kue-kue tersebut dengan roti gandum atau kue lain yang terbuat dari gandum, bila Anda ingin mendapatkan karbohidrat yang cukup. Untuk Anda yang ingin makan makanan manis di pagi hari, Anda dapat makan berbagai macam buah sebagai menu sarapan. 

Sereal dan susu skim (rendah lemak)
Sama halnya dengan kue, sereal terbuat dari tepung putih yang telah diproses sehingga nutrisinya telah hilang. Anda dapat mengganti sereal dengan oatmeal atau oatmilk. 

Susu skim kurang baik untuk sarapan karena tubuh membutuhkan lemak untuk mencerna sisa susu. Lemak yang sangat rendah dalam susu skim tidak mampu mencerna protein yang terdapat dalam susu. Anda dapat mengganti susu skim dengan susu organik yang memiliki kadar lemak sekitar 2%.

Putih telur
Sebaiknya Anda mengkonsumsi telur utuh (putih dan kuningnya) untuk memperoleh nutrisi. Kuning telur mengandung nutrisi dan Omega 3 yang baik untuk tubuh. 

Margarin 
Margarin kurang baik untuk tubuh karena mengandung trans fats, yang dapat menimbulkan kolesterol. Anda dapat mengganti margarin dengan mentega asli (real butter).

Smoothie kedelai tinggi protein 
Tubuh kesulitan mencerna kedelai utuh yang terdapat dalam smoothie.  Kedelai biasanya dikonsumsi setelah difermentasi, seperti pada tempe dan tahu. Mengkonsumsi kedelai utuh dalam smoothie tersebut dapat menganggu kerja hormon dan menyebabkan gangguan mood. Anda dapat menggantinya dengan smoothie buah yang akan lebih mudah dicerna tubuh.

Kopi
Sarapan hanya dengan meminum kopi, tidak memberi nutrisi bagi tubuh. Selain itu, kopi dapat memacu perkembangan adrenalin dalam tubuh. Anda dapat mengganti kopi dengan secangkir teh. Tapi jangan lupa untuk selalu makan makanan bernutrisi sebelumnya.

Komentar