aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Mengatasi Gatal Akibat Jamur di Daerah Sensitif

Tuesday, 24 November 2020 14:30:22 WIB | aura.co.id
Kiat Mengatasi Gatal Akibat Jamur di Daerah Sensitif
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Pancaran sinar matahari di daerah tropis begitu disuka turis yang berasal dari belahan dunia bagian barat. Bahkan mereka khusus datang ke daerah ini hanya untuk melakukan penggelapan (tanning) kulit secara alami.

Kita pun sebagai penduduknya, banyak menikmati keuntungan dari matahari yang bersinar begitu cerah. Selain membuat tanah menjadi subur, menjadikan alam kita memiliki pemandangan begitu eksotis.

Tapi ada juga tidak enaknya, terutama saat musim penghujan berlalu. Hawa menjadi panas dan memperbesar faktor resiko terjadinya gangguan kulit. Apalagi kalau aktivitas kita tengah padat atau sibuk-sibuknya.

Kalau semua aktivitas dilakukan dalam ruangan sih enggak masalah, tapi sering kali aktivitas kita lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Dengan pakaian formal atau tertutup seperti umumnya pakaian yang menjunjung budaya ketimuran, keringat pun jadi mudah mengalir.

Dan biasanya baju yang lembap tak bisa kering begitu saja. Akibatnya, seringkali gangguan jamur datang. Kalau datangnya di daerah terbuka sih biasanya akan cepat teratasi. Tapi, kalau timbulnya di daerah kulit yang sensitif, misalnya dibagian lipatan paha, ketiak, lipatan jari kaki, atau bahkan lipatan payudara, masalahnya lebih kompleks lagi.

Selain rasa gatal yang mengganggu, bisa menimbulkan bau tak sedap. Akhirnya bisa fatal, kepercayaan diri Anda bisa menurun drastis.

Mengapa aktivitas berkeringat dapat menyebabkan gatal jamur? Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan flora jamur di badan semakin kondusif. Sehingga, jika tidak menjaga kesehatan, kulit kita rentan sekali terserang jamur, yang juga bisa bermanifestasi dengan kutu air.

Tentu Anda tak ingin masalah kulit seperti itu menimpa Anda. Tapi kalau memang sudah terjadi, satu-satunya jalan adalah memeranginya.

Langkah pertama, pilihlah obat-obatan topikal yang menginhibisi dermatofit dan ragi. Untuk gangguan jamur dibagian lipatan, dianjurkan untuk memilih obat gatal krim khusus jamur dan kutu air. Obat jamur jenis ini memiliki banyak kelebihan diantaranya tidak lengket, tidak panas, tidak berbau, dan tidak perih. Bahkan ada produk yang menambahkannya dengan aroma khas seperti melati.

Jenis obat jamur krim layak dipilih karena sangat nyaman dan praktis digunakan untuk mereka yang memiliki aktivitas sangat padat atau yang gemar berolahraga.

Apa perbedaan dengan obat cair? Jenis cair biasanya digunakan untuk mengatasi panu, kadas, dan kurap. Bersifat iritan dalam mengatasi jamur dan cara kerjanya mengelupas permukaan kulit.

Agar hasil pengobatannya maksimal, Anda perlu tahu cara penggunaaan yang tepat:
- Oleskan pada permukaan kulit yang gatal 2 kali sehari dalam keadaan kering.
- Gosokkan krim dengan jari sampai krim menyerap ke dalam kulit.
- Gunakan selama 2-6 minggu.
- Pemakaian harus dilanjurkan 10 hari setelah gejala klinis menghilang.

Kiat Menghindari Gatal Jamur:
- Mandi bersih minimal dua kali sehari.
- Mengganti baju yang basah atau lembap.
- Menjemur pakaian hingga kering.
- Tidak menggunakan sepatu saat santai.
- Segeralah membersihkan keringat setelah berolahraga, atau mandi setelah berenang.

Bagaimana, lebih baik mengetahui informasi ini sedini mungkin bukan? Siapa tahu berguna untuk menolong diri sendiri atau teman dan keluarga yang mengalaminya.

Komentar