aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Konsumsi Vitamin C Terlalu Banyak Berisiko untuk Kesehatan

Saturday, 21 November 2020 23:59:43 WIB | aura.co.id
Konsumsi Vitamin C Terlalu Banyak Berisiko untuk Kesehatan
Konsumsi vitamin C setiap hari memang sangat penting. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - APAKAH Anda terbilang sering mengonsumsi vitamin C? Jika ya, sebaiknya kini mulai dibatasi.

Memang, vitamin C dipercaya  ampuh untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang lelah. Tak sedikit orang yang beranggapan setelah suntik vitamin C, tubuh kembali bugar.

Konsumsi vitamin C setiap hari memang sangat penting. Namun apabila vitamin C dikonsumsi tidak sesuai aturan dan terlalu banyak, dapat membahayakan tubuh.

Apa saja risiko yang dialami jika terlalu banyak konsumsi vitamin C? Berikut ulasannya seperti dilansir laman Live Strong :

1. Overdosis

Konsumsi vitamin atau asupan kesehatan lain tentu memiliki batas toleransi. Batas vitamin C dalam tubuh yaitu 2000 miligram atau d gram per hari. Lebih dari itu Anda bisa mengalami overdosis, tubuh menjadi kebal terhadap obat.

2. Ganggu pencernaan

Dampak yang paling sering terjadi karena kelebihan mengonsumsi vitamin ini adalah mengganggu masalah pencernaan. Saluran pencernaan akan mengalami iritasi dan Anda akan mengalami diare yang berkepanjangan.

3. Batu Ginjal

Risiko lainnya adalah menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Vitamin masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi zat yang disebut oksalat. Beberapa oksalat dakan dikeluarkan menjadi urin, kalau oksalat ini jumlahnya cukup tinggi, ini akan mengendap hingga membentuk deposit yang menjadi penyebab batu ginjal.

4. Hemokromatosis

Ini adalah kondisi dimana tubuh kelebihan zat besi. Dimana kondisi ini paling sering memengaruhi fungsi hati, jantung dan pankreas. Meski vitamin C dipercaya para pakar dapat menyerap zat besi, namun pengonsumsian secara berlebihan justru membuat fungsi organ tersebut terganggu.

Komentar