aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Nutrisi Tidak Hilang, Begini Cara Paling Sehat Memasak Sayur

Sunday, 1 November 2020 03:00:23 WIB | aura.co.id
Agar Nutrisi Tidak Hilang, Begini Cara Paling Sehat Memasak Sayur
Sayuran merupakan makanan yang menyehatkan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sayuran merupakan makanan yang menyehatkan. Dalam sayuran terdapat berbagai macam vitamin, antioksidan, polifenol, dan senyawa sehat lainnya. Namun, dalam mengonsumsi sayuran, kebanyakan orang akan memasaknya terlebih dahulu. Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah apakah semua kandungan sehat yang ada pada sayuran akan hilang jika dimasak? Cara apa yang terbaik untuk memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang?

Profesor Sains Makanan di Universitas Parma Italia, Nicoletta Pellegrini mengatakan bahwa memasak makanan dapat merusak kandungan-kandungan yang terdapat di dalam sayuran. Tetapi, beberapa sayuran seperti wortel dan brokoli justru akan lebih mudah diserap kandungannya ketika dimasak dengan cara yang benar.

Menurut Nicoletta, memasak dengan microwave, memanggang, dan memasak tanpa minyak adalah metode terbaik untuk mempertahankan kandungan antioksidan dalam sayuran. Sedangkan memasak sayuran dengan cara direbus atau digoreng dengan minyak sebaiknya dihindari.

"Seperti wortel. Merebus wortel dapat melepaskan karotenoid tetapi tidak larut di dalam air sedangkan beberapa senyawa lainnya seperti vitamin C dan polifenol antioksidan larut dalam air. Jadi, kandungan tersebut akan bocor ke dalam air rebusan saat direbus," tutup Nicoletta.

Komentar