aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Napas Berbau Seperti Telur Busuk? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Saturday, 31 October 2020 05:00:23 WIB | aura.co.id
Napas Berbau Seperti Telur Busuk? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini
Jika di pagi hari aroma napas Anda terasa tidak sedap , Anda mungkin diam-diam mengalami sleep apnea. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Jika di pagi hari aroma napas Anda terasa tidak sedap (dan ini terjadi terus-menerus)—bahkan setelah Anda menggosok gigi secara rutin—Anda mungkin diam-diam mengalami sleep apnea, gangguan yang menyebabkan pernapasan Anda berhenti dan muncul kembali ketika Anda tidur.

Sleep apnea atau apnea tidur terjadi karena dinding tenggorokan yang terlalu rileks alias lemas sehingga menyebabkan penyempitan dan menutup saluran udara.  Sleep apnea bisa membuat penderitanya mendengkur dengan hebat sehingga Anda bernapas lewat mulut sepanjang malam. Itu sebabnya mulut Anda menjadi sangat kering dan napas Anda menjadi berbau busuk, kata Raj Dasgupta, M.D., asisten profesor di University of Southern California dalam Rodales’ Organic Life.

Saat mengalami sleep apnea, bakteria berkembang pesat di mulut Anda dan memproduksi gas sulfur yang membuat napas Anda berbau telur busuk!

Penderita sleep apnea tidur biasanya tidak sadar sedang mengalami gangguan. Gangguan ini membuat Anda merasa lelah di siang harinya, mengalami henti napas, terengah-engah, kesulitan tidur di malam hari, berkeringat berlebihan di malam hari, terbangun dengan mulut kering, tenggorokan sakit, tidak konsentrasi, moody, dan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Jika Anda mengalami mulut bau di pagi hari dan menderita ngantuk dan mendengkur saat tidur di siang hari, periksakan diri Anda ke dokter. Sleep anea harus segera terdiagnosa karena barangkali Anda terkena diabetes, tekanan darah tinggi, dan sakit jantung. Pengobatan lebih tinggi lebih baik daripada mengalami gangguan kesehatan dan efek jangka panjangnya.

Jika Anda terdiagnosa sleep apnea, dokter akan merekomendasikan Anda untuk mencoba continuous positive airway pressure device (CPAP), sebuah masker yang menutupi hidung dan mulut Anda yang melindungi Anda saat tertidur sebentar.

Komentar