aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Minum Air Putih Juga Bisa Keracunan Jika . . ..

Saturday, 17 October 2020 23:59:23 WIB | aura.co.id
 Minum Air Putih Juga Bisa Keracunan Jika . . ..
Minum terlalu banyak bisa membuat Anda keracunan air. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Jangan lupa minum air yang banyak, itulah pesan yang selalu disampaikan kepada kita, baik oleh orang terdekat hingga para ahli medis. Namun, menurut penelitian terbaru minum terlalu banyak bisa membuat Anda keracunan air.

Kondisi tersebut disebut sebagai hyponatremia, yaitu kondisi tubuh di mana kadar sodium di dalam darah menjadi sangat rendah. Hal ini terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak cairan.

Keadaan ini bisa menyebabkan tubuh tidak bertenaga, mual, kejang dan bahkan koma jika tidak ditangani dengan baik, serta bisa menyebabkan kematian dalam waktu beberapa jam.

Salah seorang peneliti, dokter Michael Farrel menyarankan Anda untuk minum air hanya ketika haus, seperti dilansir laman Daily Mail. "Refleks tubuh untuk mengonsumsi air menjadi terhambat ketika Anda telah mengonsumsi air yang cukup. Pernah muncul kasus di mana para atlet maraton diberitahukan untuk minum air dan meninggal dalam kondisi tertentu, karena mereka mengikuti rekomendasi tersebut dan minum air melebihi kebutuhan mereka."

Namun, hasil ini tidak berlaku bagi mereka yang lanjut usia (lansia). Karena menurut para peneliti, biasanya para lansia tidak mengonsumsi jumlah cairan yang cukup, maka mereka disarankan untuk lebih memperhatikan konsumsi cairan harian mereka.

Komentar