aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Bisa Picu Kanker, Sebaiknya Hindari Jenis Makanan Ini

Wednesday, 14 October 2020 04:00:23 WIB | aura.co.id
Bisa Picu Kanker, Sebaiknya Hindari Jenis Makanan Ini
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Penyakit kanker termasuk salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Penyebabnya adalah paparan zat karsinogen (pemicu sel kanker) yang masuk ke tubuh, salah satunya melalui makanan.

Makanan yang diolah dengan temperatur tinggi, diasap atau diasinkan merupakan pemicu kanker. Mengonsumsi makanan yang kaya bumbu juga bisa menjadi pemicu kanker.

Fakta ini disampaikan oleh Dr. dr. Hilman Tadjoedin, SpPD, KHOM. "Ada makanan yang kaya bumbu dan kaya rasa yang mengandung zat nitrat dan nitrit, yang dapat memicu kanker. Selain itu, daging merah juga bisa menjadi pemicu kanker. Makanan seperti oncom juga perlu diwaspadai karena bisa mengandung aflatoxin (racun yang disebabkan jamur)," ujarnya.

Menurutnya, hal paling sederhana untuk mencegah paparan karsinogen adalah memperbanyak konsumsi berbagai jenis buah dan sayuran serta minum air minimal delapan gelas sehari untuk detoksifikasi. Kurangi pula makanan berlemak, asam lemak jenuh seperti yang terdapat di dalam minyak goreng. Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun atau minyak jagung.

Dr. dr. Hilman Tadjoedin, SpPD, KHOM juga mengingatkan untuk terus menjaga pola makanan sehari-hari.

"Kita tidak punya sejata pamungkas untuk mengatasi kanker. Jadi sebaiknya, dimulai dengan menerapkan pola makan yang sehat," katanya.

Komentar