aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Hiii, Ini 5 Barang di Rumah yang Paling Banyak Mengandung Bakteri!

Saturday, 19 September 2020 01:00:23 WIB | aura.co.id
Hiii, Ini 5 Barang di Rumah yang Paling Banyak Mengandung Bakteri!
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kebersihan diri tidak hanya bergantung pada seberapa sering Anda membersihkan diri. Tapi juga bergantung pada seberapa bersih barang-barang yang terdapat di dalam rumah Anda.

Pasalnya, meskipun rutin membersihkan diri, hal tersebut akan sia-sia jika pada akhirnya Anda tetap terpapar bakteri yang terdapat di dalam rumah. Untuk mengatasinya, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja barang di rumah yang paling banyak mengandung bakteri. Berikut adalah daftarnya:

Gantungan sikat gigi
Kebanyakan orang hanya menutup atau membungkus sikat gigi agar tidak terkena bakteri, namun lupa untuk menutup gantungan atau tempat Anda menaruh sikat gigi. Padahal, jika tidak dibersihkan secara rutin, gantungan sikat gigi mengandung bakteri yang berbahaya. Karena itu, bersihkan dengan air panas yang telah dicampur sabun setiap dua kali dalam seminggu.

Keset di dalam kamar mandi
Bagi Anda yang memiliki bathtub, atau memang sengaja menaruh keset di dalam kamar mandi, pasti sering menemukan keset dalam keadaan sedikit basah dan kering dengan sendirinya. Tanpa disadari, kondisi keset yang basah menjadi tempat yang subur bagi pertumbuhan bakteri. Untuk menghindari pertumbuhan bakteri, gantung keset hingga kering dengan sempurna. Anda juga bisa menaburkan baking soda pada keset dan diamkan selama 30 menit, setelahnya gunakan penyedot debu untuk membersihkan baking soda.

Saluran bak pencuci piring
Tahukah Anda bahwa bak pencuci piring mengandung lebih banyak bakteri dibanding toilet? Hal ini disebabkan saluran bak pencuci piring yang menjadi tempat bagi bakteri untuk bertumbuh dan mengontaminasi peralatan dapur dan bahkan diri Anda. Solusinya, bersihkan dengan sikat gigi yang telah dicelup ke dalam campuran jus lemon dan cuka putih terdistilasi. Kemudian bilas hingga bersih. Anda bisa memasukkan kulit lemon ke dalam saluran bak karena minyak yang terdapat pada kulit lemon bisa membantu pembersihan saluran.

Pintu kulkas
Membersihkan isi kulkas saja tidak cukup. Anda juga wajib membersihkan bagian pintu kulkas setiap seminggu sekali dengan campuran cuka putih dan air. Semprotkan campuran tersebut dan diamkan selama 5 menit, dan lap dengan kain bersih. Gunakan sikat gigi atau cotton bud untuk membersihkan bagian pintu yang sulit dijangkau, seperti dilansir laman Prevention.

Keset di depan rumah
Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, keset di depan rumah Anda pasti mengandung banayk sekali bakteri. Atasi dengan menepuk keset agar semua debu terlepas dari keset. Lalu, gunakan penyedot debu untuk menghilangkan partikel debu yang kecil pada keset, setelahnya taburkan baking soda. Jangan lupa, untuk menyapu atau membersihkan lantai tempat keset diletakkan agar keset tidak terkontaminasi kembali setelah dibersihkan.

Komentar