aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Jangan Stres, Lakukan 7 Hal Ini Jika Tak Kunjung Hamil

Sunday, 6 September 2020 19:00:23 WIB | aura.co.id
Jangan Stres, Lakukan 7 Hal Ini Jika Tak Kunjung Hamil
Saat kehamilan yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba, jangan dulu berkecil hati. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - SAAT kehamilan yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba, jangan dulu berkecil hati. Teruslah berpikir positif dan mencoba segala bentuk cara untuk menghadapi masalah kesuburan.

Jangan sampai stress menghampiri, karena saat Anda terlalu berharap dan tingkat stres semakin tinggi, justru bisa berdampak buruk masalah kehamilan. Kuncinya tetap bersabar.

Stres dan kecemasan akan langsung mempengaruhi ovulasi perempuan. Pada laki-laki itu mempengaruhi produksi dan kualitas sperma mereka.

Tapi jangan kuatir, karena kini telah banyak hadir beragam teknologi modern untuk mendiagnosa dan mengobati masalah kesuburan. Jangan berputus asa sekalipun Anda telah berusaha namun belum membuahkan hasil.

Berikut ada tujuh cara untuk membantu mengatasi masalah kesuburan, sebagaimana dikutip dari laman Boldsky:

1. Tidak sepenuhnya percaya pada kata-kata dokter
Apalagi jika dokter mengatakan hal yang sulit mengenai kehamilan Anda. Jika perlu kunjungi dokter lain yang bisa membuat Anda merasa nyaman sehingga Anda bisa berpikir lebih positif. 

2. Persiapkan tubuh Anda
Anda harus mempersiapkan tubuh Anda, apalagi jika sebelumnya Anda menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Paling cepat butuh waktu enam bulan bagi tubuh untuk siap hamil setelah alat kontrasepsi dilepas. Jadi tetaplah tenang dan menunggu dengan sabar.

3. Kenali setiap tanda sekecil apapun
Kadang penyebabnya kehamilan yang tak kunjung datang, ditunjukkan oleh tubuh Anda. Seperti misalnya haid yang tak teratur, vagina yang kering dan sebagainya. Cek juga fungsi kelenjar tyroid yang juga berpengaruh pada kesuburan.

4. Coba semua cara
Metode yang dilakukan seseorang tak selalu bekerja pada orang lain. Jadi meski rekan Anda sukses menggunakan satu metode, belum tentu ini akan bekerja pada tubuh Anda.

5. Kenali masa subur
Anda salah jika berpikir makin sering bercinta akan meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Lebih baik Anda mengenali masa subur Anda, dan bercinta di masa itu. Ini lebih besar kemungkinan untuk hamil.

6. Bertukar pikiran
Bertukar cerita dengan orang yang mengalami masalah yang sama akan membantu Anda merasa lebih baik dan tenang. Tapi membandingkan apa yang Anda alami dengan mereka bukanlah ide yang tepat. Karena banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan seseorang.

7. Cobalah bersikap terbuka pada pasangan
Dengan bersikap terbuka akan memberi dukungan moral bagi kedua belah pihak. Ini akan membuat Anda merasa lebih ringan menghadapi masalah.

Komentar