aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Siklus Menstruasi Tidak Rutin? Coba Ubah Gaya Hidup Anda

Saturday, 22 August 2020 01:00:23 WIB | AURA
Siklus Menstruasi Tidak Rutin? Coba Ubah Gaya Hidup Anda
Menstruasi yang tidak rutin ditandai dengan siklus yang datang lebih awal, terlambat, atau justru tidak mengalami menstruasi sama sekali dalam satu bulan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menstruasi yang tidak rutin ditandai dengan siklus yang datang lebih awal, terlambat, atau justru tidak mengalami menstruasi sama sekali dalam satu bulan.

Meskipun dampak dari siklus yang tidak rutin tersebut tidak terlihat, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Sebelum menduga-duga lebih jauh, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa faktor penyebab siklus menstruasi yang tidak rutin berikut:

Bobot tubuh yang berubah secara drastis
Lemak tubuh memengaruhi siklus menstruasi wanita. Oleh karenanya, wanita akan mengalami siklus yang tidak rutin jika bobot tubuhnya bertambah atau berkurang secara drastis.

Ketidakseimbangan hormon
Siklus menstruasi bisa terhambat jika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon. Akibatnya frekuensi dan durasi siklus tersebut mengalami perubahan, seperti dilansir laman Boldsky.

Olahraga secara berlebihan
Para atlet wanita biasanya mengalami siklus menstruasi yang tidak rutin karena latihan fisik yang mereka lakukan sangatlah intens. Untuk itu, para wanita disarankan berolahraga sesuai dengan porsinya sehingga tidak menganggu keseimbangan hormon.

Tingkat stres yang tinggi
Stres merupakan penyebab utama siklus menstruasi yang tidak rutin. Tingginya tingkat stres bisa memengaruhi keseimbangan hormon yang berakibat pada jadwal menstruasi yang tidak teratur.

Kebiasaan makan
Wanita yang mengidap anoreksia dan bulimia, bisa mengalami siklus menstruasi yang tiba-tiba berhenti atau tidak rutin. Oleh karenanya, selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Komentar