aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tumbuhan di Ruang Kantor Membuat Anda Lebih Sehat di Tempat Kerja

Tuesday, 28 July 2020 22:00:44 WIB | aura.co.id
Tumbuhan di Ruang Kantor Membuat Anda Lebih Sehat di Tempat Kerja
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Meletakkan tumbuhan hijau dalam ruangan kantor dapat mengurangi resiko terkena batuk, penat, dan kulit kering hingga 37 persen. Demikian hasil penelitian National Institute of Occupational Health in Ohio yang dimuat Jurnal Indoor Built Environments menyebutkan.

Keadaan dalam ruangan kantor mempengaruhi semangat dan mood seseorang. Perlu konsentrasi tinggi saat seseorang menyelesaikan pekerjaan di ruangan kantor.

Udara yang segar, bisa membantu menjaga stamina Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Penelitian yang dilakukan Chichester College, Inggris, menyebutkan, 1 pot tumbuhan hijau setiap 100 kaki dapat membantu membersihkan udara.

Berminat menghijaukan ruang kerja Anda? Ada beberapa jenis tanaman yang dapat memberikan aura positif yang dapat menyehatkan dan menjaga mood agar tetap bersemangat dalam menyelesaikan tugas kantor. Berikut beberapa jenis tanaman menyehatkan.

Kaca Piring (Gardenia)
Konon tanaman bernama latin Gardenia augusta ini mampu bertahan hidup hingga 25 tahun. Aroma wanginya khas, ampuh menenangkan emosi Anda. Sebuah penelitian menunjukkan Gardenia efektif bekerja sebagai anti-depresi. Cara perawatan gardenia dengan memberi pupuk sebanyak 1 sendok teh per tanaman setiap 2-3 bulan sekali.

Keladi (Caladium)
Jika ruangan kantor Anda tidak bersentuhan langsung dengan udara bebas, tentu cenderung kering. Agar kelembaban terjaga, letakkan tanaman keladi di dalam ruangan. Perawatannya, hindari terkena sinar matahari langsung. Penyiraman, lakukan 2-3 hari sekali dengan air secukupnya.

Lemon Balm
Lemon Balm bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan, meningkatkan memori, membantu mengurangi gangguan tidur dan pencernaan. Studi yang dilakukan Journal of Clinical Psychiatry menyebutkan, aroma terapi dengan Lemon Balm dapat mengurangi kegelisahan penderita demensia (pikun kronis).  Cara perawatannya, letakkan di tempat yang tidak terlalu panas dan ditanam di tanah berpasir.

Peppermint
Menurut International Journal of Neuroscience, Peppermint dapat meningkatkan konsentrasi dan mempertajam daya ingat. Tanaman ini juga dapat mengontrol nafsu makan. Perawatannya, hindarkan tanaman dari sinar matahari langsung dalam waktu lama. Siram satu kali sehari dengan air dalam jumlah cukup. 

Lidah Mertua (Sansiviera)
Anda bekerja di ruangan yang penuh asap rokok? Lidah Mertua bisa dijadikan penawar. Tanaman yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Snake Plant ini memiliki fungsi menyerap polusi udara dan menetralisir bau tak sedap. Mudah disimpan dalam ruangan karena tidak perlu terkena sinar matahari setiap hari. Cukup keluarkan seminggu sekali untuk mendapat cahaya matahari.

English Ivy
Properti kantor dengan bahan baku plastik mayoritas mengandung benzena. Bila terhirup dalam jumlah lama dan banyak, bisa mempengaruhi siklus menstruasi, anemia bahkan mempercepat detak jantung. Mengurangi resikonya, bisa dengan meletakkan English Ivy di ruang kerja Anda. Tanaman ini bisa menyerap zat polutan yang tidak baik untuk kesehatan. Cara perawatan, semprotkan insektisida sabun dan minyak holtikultura, letakkan di tempat bersuhu tak terlalu panas.

Komentar