aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ingin Tetap Sehat di Usia 40-an? Coba Lakukan Langkah Kecil Ini

Wednesday, 15 July 2020 13:00:23 WIB | aura.co.id
Ingin Tetap Sehat di Usia 40-an? Coba Lakukan Langkah Kecil Ini
Menginjak usia 40, metabolisme tubuh mulai melambat. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menginjak usia 40, metabolisme tubuh mulai melambat. Beberapa orang mulai kewalahan dengan aktivitas rutin seperti pekerjaan, mengurus anak, rumah tangga, bersosial, bahkan meluangkan waktu untuk berolahraga pun rasanya sudah sangat lelah.

Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda. Sebelum sampai di usia 40 tahun, banyak hal yang dapat dilakukan agar dapat menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Strauss Zelnick, pendiri Media Capital yang juga ketua dan CEO Take-Two Interactive Software, Inc. membagikan kiat tentang memulai bugar di usia berapa pun.

“Cara terbaik untuk membuat perubahan yang langgeng dan bermakna adalah memulai dengan perlahan dan lembut. Awalnya, lakukan sedikit pada tubuh Anda, selanjutnya pikiran Anda yang akan mengikutinya,” jelas Strauss dilansir dari Popsugar.

Penulis buku Becoming Ageless: The Four Secrets to Looking and Feeling Younger Than Ever ini menyarankan untuk menilai terlebih dahulu beberapa kebiasaan tidak sehat yang masih berjalan. Jika Anda masih minum soda, kurangilah. Jika Anda masih merokok, berhenti segera.

Jika Anda melakukan sebagian besar aktivitas tak bergerak, ajaklah seorang teman dan mulailah berjalan selama 30 menit seminggu sekali. “Ketika Anda menyadari itu sebenarnya menyenangkan dan tidak sulit, lakukanlah seminggu 2 kali,” katanya.

Dari hanya berjalan, tingkatkan aktivitas fisik dengan senam. “Mulailah melakukan senam yang sangat sederhana selama 10 menit seminggu sekali. Kemudian membuat itu dua kali seminggu, sekarang kamu dapat terbiasa bergerak empat hari dalam seminggu,” urainya.

Setelah melakukannya selama satu bulan, Strauss menyarankan untuk melakukan lebih banyak latihan berat badan di rumah atau bahkan bergabung dengan pusat kebugaran.

Langkah sederhana lain untuk memastikan kesehatan Anda baik di usia paruh baya, menurut Strauss adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di dokter. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu dasar kesehatan Anda secara keseluruhan untuk selanjutnya mencari tahu apa yang harus dilakukan.

Selain itu, Strauss percaya kesehatan tubuh juga berhubungan dengan spiritual. Salah satu hal yang mempengaruhi adalah perasaan tenang.

“Beberapa orang melakukan meditasi selama satu jam, yoga selama dua jam, berdoa atau berjalan santai. Lakukan hal tersebut sesuai dengan apa yang membuat Anda merasa meditatif dan terhubung,” jelasnya.

Hal yang terpenting lagi dalam kesehatan tubuh menurut Strauss yakni pemenuhan gizi yang baik. Ia menyarankan agar membuat makanan sendiri sesuai resep sehat dan sederhana dari beberapa buku menu. Hal itu jauh lebih bergizi dan murah dari pada membeli makanan cepat saji.

Secara umum, ia merekomendasikan untuk mengurangi karbohidrat olahan, alkohol, dan gula tambahan, karena itu semua tidak memiliki kalori, sebaliknya justru dapat meningkatkan gula darah Anda.

“Kita semua akan menua, tapi Anda dapat menjalani hidup terbaik di usia berapa pun. Empat pilar itu adalah, kesehatan, kebugaran, diet dan beberapa koneksi spiritual Anda,” tegasnya.

Komentar