aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Benarkah Buah Mangga Berbahaya Dikonsumsi Saat Hamil?

Monday, 13 July 2020 01:00:23 WIB | aura.co.id
Benarkah Buah Mangga Berbahaya  Dikonsumsi Saat Hamil?
Masa kehamilan adalah masa yang sangat riskan bagi setiap wanita. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Masa kehamilan adalah masa yang sangat riskan bagi setiap wanita.

Wanita hamil harus membawa bayi yang beratnya hampir 2 kali lipat dari berat tubuh Anda yang biasanya.

Selain itu pada masa kehamilan sang wanita juga harus menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh agar bayi bisa lahir dengan sehat dan selamat.

Selama masa kehamilan biasanya ada fase yang biasa disebut dengan ngidam, yaitu menginginkan sesuatu dengan dalih keinginan si kecil yang sedang dikandungnya.

Wanita hamil biasanya suka sekali makan-makanan yang aneh dan susah didapat. Namun, banyak pula wanita yang ngidam seperti kebanyakan, misalnya ingin makan buah mangga manis atau mangga muda yang cenderung asam.

Anda yakin buah mangga aman dikonsumsi saat hamil?

Seperti dilansir dari Stylecraze.com, mangga kaya akan vitamin A, C dan vitamin B6, asam folat, potassium, nutrisi dan serat yang sehat bagi ibu hamil. Serat tersedia pada mangga memberikan energi tubuh, menambah antioksidan dan mencegah sembelit.

Rasa manis pada mangga membantu memasok kalori ke tubuh anda. Mangga juga memiliki jumlah kalori tinggi, pada masa tiga bulan kehamilan anda membutuhkan jumlah kalori yang tinggi.

Walaupun mangga memiliki kegunaan yang baik bagi tubuh, namun tetap saja Anda yang sedang hamil harus waspada dan jangan makan secara berlebihan.

Mangga memiliki kalori yang tinggi, tetapi jika anda makan terlalu banyak mangga, hal itu dapat memberi pengaruh buruk bagi tubuh anda. Para ahli menyarankan agar bijaksana dalam mengonsumsi buah.

Di zaman sekarang terkadang banyak petani nakal yang suka menggunakan bahan kimia untuk membuat mangga matang dan tumbuh dengan cepat. Sebagian besar buah matang menggunakan kalsium karbida kimia.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa Food & Standar (2006) dan Keamanan Pangan Dan Peraturan Standar (2011) telah melarang kimia tertentu. Hal ini karena ketika kalsium karbida digunakan untuk mematangkan mangga, ia meninggalkan zat beracun dalam buah. Zat-zat beracun terdiri dari arsenik dan fosfor yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Selain itu konsumsi mangga juga bisa menaikan kadar gula dalam darah yang bisa menyebabkan diabetes bagi sang ibu dan bayinya. Bagi anda yang sedang hamil cobalah makan-makanan yang sehat agar anda dan bayi bisa selamat dan juga sehat.

Ingatlah, walaupun yang anda konsumsi adalah makanan sehat, jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa mengurangi manfaat dari makanan yang anda makan. Lebih parahnya lagi bisa membuat anda keracunan makanan.

Komentar