aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Penyebab Gigi Retak, Erosi, dan Berlubang?

Wednesday, 1 July 2020 11:30:32 WIB | aura.co.id
Penyebab Gigi Retak, Erosi, dan Berlubang?
ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pasti kita sering mendengar dokter menganjurkan untuk melakukan kontrol setidaknya sekali dalam setahun. Sudahkah kita melakukannya? Kalau belum, ada baiknya kita mulai mengindahkan nasihat tersebut.

Pasalnya ada banyak sekali kebaikan yang bisa kita dapat. Salah satunya adalah untuk memastikan gigi tidak mengalami caries atau bolong, lalu membersihkan gigi dari karang dan kotoran.

Efek samping makan yang kita lakukan 3 kali sehari dan minum membuat gigi kusam atau pun bernoda. Karang gigi misalnya, lapisan seperti film berwarna putih yang melekat terus- menerus pada gigi, gusi, dan lidah mengandung bakteri, air liur, dan mineral.

Karang gigi yang tidak dibersihkan juga akan menyelusup di sela-sela gigi dan tak terjangkau sikat gigi. Alhasil, masalah gigi ini bisa menyebabkan bau mulut.

Kenapa gigi kita retak, erosi, dan berlubang?

- Lapisan luar gigi, enamel bisa rusak karena seringnya kita makan buah atau larutan yang berasa asam.

- Erosi gigi yang parah biasanya terjadi pada penderita bulimia dan pecandu alkohol. Kenapa? Asam yang dikeluarkan saat muntah itulah yang menyerang gigi kita dan membuat gigi sedikit-sedikit rapuh.

- Kebiasaan buruk yang membuat gigi aus adalah kebiasaan menggertakkan gigi. Bunyinya yang kadang terdengar orang lain itu sesungguhnya kebiasaan yang patut dihindari. Karena membuat gigi retak atau pun rapuh.

Komentar