aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sudah Diet Namun Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang, Ini 11 Macam Penyebabnya

Sunday, 28 June 2020 01:00:23 WIB | aura.co.id
Sudah Diet Namun Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang, Ini 11 Macam Penyebabnya
Lemak perut dikenal sebagai lemak yang paling keras kepala alias susah hilang. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Lemak perut dikenal sebagai lemak yang paling keras kepala alias susah hilang. Sel lemak yang berkumpul di sekitar perut bagian bawah Anda dikenal sebagai sel 'beta fat', yang sangat sulit untuk disingkirkan.

Jadi, apa yang Anda lakukan jika Anda berolahraga secara teratur dan mempertahankan diet seimbang, namun Anda masih gagal melihat hasilnya?  Dr Luke James seperti yang dilansir Cosmopolitan memiliki beberapa saran tentang di mana Anda mungkin salah:

1. Anda tidak cukup tidur

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Kita mungkin tidak sadar melakukan banyak hal yang membuat kita tetap terjaga di malam hari. Selain merasa lelah dan grogi keesokan harinya, tidak mendapatkan 7 sampai 9 jam tidur setiap malam dapat mempengaruhi penurunan berat badan.

Ketika kita kurang tidur, hormon tubuh kita merusak keseimbangan yang dapat mempengaruhi tingkat kelaparan kita di hari berikutnya. Kita semua memiliki dua hormon yang mempengaruhi nafsu makan kita: ghrelin dan leptin. Bila kita tidak cukup tidur, tingkat ghrelin (hormon yang membuat kita merasa lapar) naik, dan tingkat leptin kita (hormon yang membuat kita merasa kenyang) turun. Artinya saat kita bangun, kita cenderung makan lebih banyak tetapi merasa kurang puas. Tidur lebih awal dari biasanya untuk menghindari ketidakseimbangan ini dan ingat untuk menghilangkan gangguan yang membuat Anda tidak mengantuk.

2. Anda melakukan jenis latihan olahraga yang salah

Hanya dengan melakukan latihan yang berfokus pada perut, seperti sit-up, tidak akan membantu Anda menyingkirkan lemak Anda. Lemak perut hanyalah tempat tubuh Anda menyimpan energi, jadi Anda perlu melakukan pendekatan keseluruhan tubuh untuk mengatasinya. Pelatihan HIIT (high intensity interval training) adalah cara yang bagus untuk membakar lemak dan membuat detak jantung Anda naik. Squats, burpees dan sprint treadmill adalah contoh yang bisa dicoba.

3. Anda mengonsumsi terlalu banyak gula

Jika makanan Anda terdiri dari banyak minuman olahraga, minuman bergula seperti pop soda dan makanan beraroma, atau makanan bergula seperti coklat dan kue, akan membuat menurunkan berat badan lebih sulit.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Buah dan sayuran memang tidak diragukan lagi baik untuk Anda, tapi kadang bisa juga menyebabkan kenaikan berat badan jika Anda makan terlalu banyak karena memiliki kadar gula alami yang tinggi di dalamnya. Pilihan makanan rendah lemak mungkin juga mengandung gula dalam jumlah tinggi di sana, jadi pastikan untuk memeriksa label makanannya.

4. Anda tidak cukup makan protein

Protein sangat bagus untuk mengurangi lemak, membantu membangun dan melestarikan jaringan otot tanpa lemak dan dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Ini juga sumber energi yang hebat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, jadi Anda kurang tergoda untuk ngemil. Sumber yang baik termasuk dada ayam, tuna, telur, susu dan buncis. Dan jika Anda merasa sulit untuk menghindari makanan ringan yang mengandung karbohidrat tinggi, cobalah memasukkannya ke protein. Ingat juga untuk memilih sumber protein tanpa lemak karena beberapa sumber protein lain bisa tinggi lemak jenuhnya.

5. Anda merasa stres atau cemas

Merasa stres bisa mendatangkan malapetaka pada tubuh kita, bisa menyebabkan tubuh kita menghasilkan hormon steroid kortisol, yang bisa membuat Anda mendambakan makanan manis yang memberi energi dan kesenangan instan. Semburan kortisol jangka pendek diperlukan untuk membantu kita mengatasi dengan segera. Bahayanya adalah tubuh kita juga akan melepaskan hormon ini jika kita merasa stres atau cemas. Bila tingkat kortisol kita tinggi untuk waktu yang lama, itu bisa meningkatkan jumlah lemak yang Anda simpan di perut Anda. 

6. Anda mengharapkan ‘perbaikan’ cepat

Mudah untuk menjadi tidak sabar dan frustrasi saat Anda mencoba menurunkan berat badan dan belum melihat hasilnya. Tapi realistis - Anda tidak akan melihat pengaruhnya dalam semalam. Otak Anda berperan besar dalam melawan perubahan gaya hidup, dan butuh waktu untuk membangun kebiasaan baru yang biasanya sampai 12 minggu. Coba tetap lakukan suatu hal setidaknya selama delapan minggu dan Anda bisa lihat perubahannya.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

7. Anda tidak melacak kemajuan Anda

Ada beberapa aplikasi hebat dan perangkat teknologi yang dapat dipakai yang tersedia yang memudahkan Anda untuk terus berada dalam rencana Anda. Itu semua dapat membantu Anda memantau tujuan Anda, asupan makanan dan kalori yang Anda bakar saat berolahraga. Jika ini bukan pilihan, tulislah rencana makan dan latihan, ini akan membantu Anda tetap pada tujuan Anda dan tetap fokus. 

8. Anda mengalami gangguan diet

Diet mogok (mengurangi secara drastis secara banyak yang Anda makan) dapat membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kilogram pada awalnya, tapi sulit untuk mempertahankannya dan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Mungkin itu pilihan yang cepat dan mudah., tapi makan terlalu sedikit kalori justru bisa melakukan lebih banyak ruginya. Jika asupan kalori Anda turun terlalu rendah, tubuh Anda bisa masuk ke mode kelaparan. Ini akan memperlambat metabolisme Anda, sehingga membuat tubuh Anda sulit menurunkan berat badan. Hal yang masuk akal adalah mengubah gaya hidup Anda dengan gaya hidup dan hindari diet ‘iseng’.

9. Anda melakukan terlalu banyak

Tubuh Anda membutuhkan keseimbangan latihan dan istirahat yang sehat. Terlalu banyak berolahraga mungkin justru membuat Anda kesulitan menghilangkan lemak. Berolahraga tanpa istirahat dapat mempengaruhi kadar hormon steroid kortisol dan menyebabkan peningkatan lemak keras kepala yang tersimpan di perut. Tidak membiarkan tubuh  untuk beristirahat bisa meningkatkan risiko cedera juga, jadi pastikan Anda memperhitungkan hari-hari istirahat sesuai rencana Anda.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

10. Anda belum memiliki keseimbangan latihan yang tepat

Dengan semua tip yang berbeda di luar sana, sangat sulit untuk memahami latihan mana yang terbaik. HIIT sangat bagus untuk membakar lemak dan akan membuat detak jantung Anda naik, tapi saya juga merekomendasikan Anda unuk mencoba latihan kekuatan (resistance) juga. Cobalah mengangkat beban, menggunakan pita resistan atau menggunakan mesin berat di gym karena ini akan meningkatkan metabolisme Anda untuk membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kekuatan otot Anda. Penting untuk mencampuradukkan seluruh latihan tubuh sehingga Anda tidak cepat bosan.

11. Anda telah kehilangan motivasi

Salah satu bagian yang paling sulit untuk menurunkan berat badan adalah mempertahankan perubahan gaya hidup yang telah Anda lakukan. Sulit untuk tetap termotivasi sepanjang waktu. Tapi, jangan biarkan ini mempengaruhi tujuan akhir Anda. Jika Anda merasa sangat tidak termotivasi, mintalah seorang teman untuk bergabung dengan Anda untuk latihan dan kemudian memasak sesuatu yang sehat untuk makan malam bersama.

Komentar