aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Mengantuk

Tuesday, 16 June 2020 12:00:23 WIB | aura.co.id
 4 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Mengantuk
Asupan kalori dan karbohidrat yang tepat dalam makanan mampu menambah energi dalam tubuh. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pernahkah Anda merasa cepat lelah dan mudah mengantuk saat beraktivitas di pagi maupun siang hari? Jika ya, sebaiknya Anda perlu waspada. Hal itu bisa disebabkan pengaruh makanan.

Dengan mengonsumsi makanan seharusnya tubuh mendapatkan energi untuk beraktivitas dengan baik. Asupan kalori dan karbohidrat yang tepat dalam makanan mampu menambah energi dalam tubuh.

Namun, jika asupan tersebut tidak langsung dibakar dalam tubuh bisa menimbulkan tubuh mudah lelah dan mengantuk.

Untuk menghindarinya, berikut perlu Anda ketahui empat jenis makanan yang bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan mengantuk, seperti dilansir laman Foxnews.com :

1. Roti Bagel

Roti yang berbentuk seperti donat ini mengandung banyak sekali karbohidrat dengan sedikit serat. Padahal, serat berfungsi untuk mengolah karbohidrat agar menjadi energi bagi tubuh. Oleh karena itu, memakan bagel akan membuat tubuh merasa lelah, alih-alih bertenaga. Karena itu, bagel merupakan menu yang patut dihindari sebagai sarapan.

2. Kafein

Banyak orang yang minum kopi dengan alasan agar bisa lebih segar. Padahal, kandungan kafein dalam kopi hanyalah senyawa kimia stimulans yang dalam satu waktu dapat membuat tubuh merasa segar. Namun, ketika efek sudah hilang justru tubuh merasa lebih lelah karena banyak energi tubuh yang terpakai saat efek kafein masih berproses.

3. Sereal

Sereal mengandung banyak karbohidrat yang dengan seketika dapat membuat tubuh merasa tidak berenergi. Bahkan, lebih buruk lagi jika sereal mengandung kadar gula yang cukup banyak. Gula dalam sereal akan menghasilkan insulin dalam tubuh, di mana insulin ini menghasilkan asam amino triptofan pada otak. Kondisi tersebut membuat tubuh merasakan kantuk yang sulit dihindari.

4. Ceri

Buah ceri atau sari buah ceri secara alami mendorong tubuh dalam menghasilkan hormon melatonin. Hormon ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengatur siklus tidur. Karena itu, buah ini bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi di pagi dan siang hari karena bisa membuat rasa kantuk yang luar biasa.

Komentar