aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

7 Jenis Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Memicu Kantuk

Sunday, 14 June 2020 17:00:23 WIB | aura.co.id
7 Jenis Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Memicu Kantuk
Beberapa makanan sehat justru bisa memicu kantuk.

TABLOIDBINTANG.COM - Konsumsi makanan sehat wajib hukumnya jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun, Anda harus waspada dalam mengonsumsinya.

Sebabnya, beberapa makanan sehat justru bisa memicu kantuk. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat sarapan karena berisiko menimbulkan kantuk seperti dikutip laman Bright Side:

Kacang Almond
Kacang almond kaya akan tryptophan, asam amino yang memproduksi melatonin (hormon tidur). Kandungan magnesium pada almond juga akan meredakan tekanan pada otot dan membuat Anda mengantuk.

Pisang
Kandungan gula, potassium, dan magnesium pada pisang mempermudah masuknya tryptophan pada otak dan memicu kantuk.

Walnut
Meski mengandung lebih sedikit tryptophan dibanding almond, walnut kaya akan melatonin. Penelitian menunjukkan walnut meningkatkan hormon melatonin pada darah sehingga memicu rasa kantuk.

Ceri
Buah yang jadi hiasan kue ini memiliki kadar melatonin yang tinggi. Untungnya, mengonsumsi segenggam ceri segar tidak akan membuat Anda terlelap, kecuali Anda mengonsumsi segelas jus ceri.

Teh chamomile
Kandungan glycine, asam amino yang memiliki efek menenangkan otot dan sistem saraf. Alhasil, Anda akan segera terlelap selepas mengonsumsi secangkir teh chamomile.

Oily fish
Tahukah Anda konsumsi oily fish seperti salmon dan tuna meningkatkan produksi melatonin. Asam ini mengurangi level hormon stres dalam darah sehingga rasa kantuk segera menghampiri.

Komentar