aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tak Cuma Timbunan Lemak, Makan Sebelum Tidur Bisa Picu Mimpi Buruk

Sunday, 7 June 2020 22:00:28 WIB | aura.co.id
Tak Cuma Timbunan Lemak, Makan Sebelum Tidur Bisa Picu Mimpi Buruk
Kebiasaan bermimpi aneh bisa dikaitkan dengan beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada yang berpendapat bahwa mimpi menandakan tidur yang nyenyak. Namun, banyak yang lebih tertarik menafsirkan arti mimpi dibanding sebatas membahas tidur yang nyenyak. Lantas, apa maknanya jika Anda sering bermimpi aneh? 

Kebiasaan bermimpi aneh bisa dikaitkan dengan beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur. Misalnya, mengemil sebelum tidur, seperti dilansir laman PureWow. Waktu makan yang terlalu dekat dengan jam tidur meningkatkan suhu dan metabolisme tubuh. Akibatnya, aktivitas otak justru meningkat ketika tidur.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Para peneliti dari University of Montreal juga menemukan kaitan langsung antara mimpi buruk dan waktu makan yang terlalu larut. Mimpi juga bisa dipicu oleh suara yang didengar, salah satunya dari suara televisi. Jadi usahakan untuk tidak tertidur sambil menonton televisi. Jika memungkinkan, matikan televisi, komputer atau telepon genggam satu jam sebelum tidur.

Anda yang kesulitan tidur, diasarankan untuk tidak asal mengonsumsi suplemen melatonin. Karena berakibat pada siklus REM (rapid eye movement) yang semakin tinggi, alhasil mimpi yang dirasakan semakin nyata. Turunkan dosis suplemen melatonin yang dikonsumsi secara perlahan. Terakhir, agar intensitas mimpi buruk berkurang, hindari stres. Tarik napas yang dalam dan perlahan sebelum tidur. Singkirkan semua beban pikiran hingga esok hari.  

Komentar