aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Langkah Simpel Mencegah dan Mengelola Hipertensi

Friday, 5 June 2020 23:00:23 WIB | aura.co.id
5 Langkah Simpel Mencegah dan Mengelola Hipertensi
Hipertensi dianggap penyakit silent killer. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - HIPERTENSI merupakan salah satu penyakit yang dianggap silent killer karena dapat menyebabkan kematian meski tidak menunjukkan gejala.

Agar terhindar dari resiko hipertensi maka penting sekali memeriksakan dan mengawasi tekanan darah sebagaia upaya deteksi dini hipertensi. Selain itu, ada langkah-langkah sederhana untuk mencegah dan mengelola hipertensi. Berikut beberapa diantaranya:

1.    Olahraga 
Berolahragalah secara teratur, karena dengan melakukannya Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda dan lari santai.

2.    Pola hidup sehat 
Pilihlah makanan yang baik, artinya makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium karena ketiganya mampu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Baca: Pentingnya Memeriksa Tekanan Darah untuk Deteksi Dini Hipertensi

3.    Kurangi garam
Pengurangan konsumsi garam atau sodium juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 2-8 mmHg. Kurangi konsumsi garam tersebut secara bertahap agar Anda tidak merasa terlalu berat melakukannya. 

4.    Kontrol berat badan , tekanan darah dan gula darah
Kendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Untuk hal ini, Anda sebaiknya mengonsultasikannya langsung kepada dokter Anda. 

5.    Berhenti Merokok 
Bila Anda adalah perokok, berhentilah. Merokok dapat melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat prosespengerasan pembuluh darah. 

Komentar