aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Selain Semprotan Hidung, Ini 6 Cara Lain Mengatasi Hidung Tersumbat

Friday, 5 June 2020 21:00:23 WIB | aura.co.id
Selain Semprotan Hidung, Ini 6 Cara Lain Mengatasi Hidung Tersumbat
Untuk mengatasi hidung tersumbat, semprotan hidung dan inhaler kerap menjadi andalan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk mengatasi hidung tersumbat, semprotan hidung dan inhaler kerap menjadi andalan.

Namun, selain menggunakan obat tetes hidung, Anda bisa mencoba beberapa cara lain dalam menanggulangi hidung tersumbat.

1. Menghirup zat aromatik
    
Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hidung mampat adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang dijual di pasaran umumnya mengandung mentol, minyak peppermint, dan kayu putih. Jika Anda tidak memiliki inhaler, Anda bisa mencoba cara lain.

Isi bak mandi Anda dengan air hangat yang  dicampur dengan  4-5 tetes minyak aromatik, lalu sembari berendam, hiruplah aroma minyak aromatik. Anda juga bisa meneteskan minyak aromatik dalam wadah berisi air hangat dan mengjirup aromanya. Berendam dengan air hangat yang dicampur minyak aromatik juga berkhasiat membuat Anda lebih rileks.

2. Peppermint

Terdapat kandungan mentol dalam peppermint. Saat meminum teh peppermint, kandungan mentol akan menyebar dan membantu melebarkan sinus. Aroma peppermint memang tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan lebih baik.

3. Minum kopi atau teh hangat

Meminum minuman hangat, salah satu cara yang paling mudah. Uap yang dihasilkan dari minuman hangat bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung.

4. Bawang merah

Aroma pedas yang keluar dari bawang merah ternyata dapat membantu menyembuhkan hidung yang tersumbat. Caranya mudah, bila kuat menghirup aromanya, potonglah bawang merah menjadi dua dan hirup aromanya selama 3-5 menit.

5. Mengonsumsi makanan pedas

Pernahkah Anda melihat orang yang keringatan dan mengeluarkan lendir dari hidung saat mengonsumsi makanan pedas? Nah, makanan pedas ternyata dapat membantu penderita yang mengalami hidung tersumbat. Rasa pedas pada makanan dapat merangsang lendir keluar, sehingga lendir menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

6. Posisi tidur

Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang parah saat tidur, cobalah  meninggikan posisi kepala dengan cara meletakkan bantal tambahan di bawah kepala atau leher. Hal ini akan mengurangi penumpukan darah pada hidung sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan gangguan hidung tersumbat.

Tips:

Ketika mengalami hidung tersumbat, lendir yang ada di dalam hidung seringkali mengering dan membentukmukus atau upil. Membersihkan lendir yang paling disarankan adalah dengan menggunakan nasal saline (larutan garam) yang sekarang sudah tersedia dalam berbagai merek. Semprotkan nasal saline dalam keadaan menunduk agak ke depan, maka lendir akan keluar, setelah itu bersihkan dengan kain yang lembut agar tidak mengeras menjadi upil.
    
Saat membersihkan upil ternyata tidak dianjurkan menggunakan jari secara langsung. Apalagi mengeorek hidung dengan kuku. Kulit dinding dalam hidung sangat tipis dan rentan. Bila terkena kuku yang tajam dapat menimbulkan perdarahan atau mimisan. Keadaan tangan yang tidak higienis juga dapat memperparah flu Anda.  

Komentar