aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Deretan Mitos dan Fakta Seputar Sarapan (1)

Sunday, 29 March 2020 12:00:19 WIB | Agestia Jatilarasati
Deretan Mitos dan Fakta Seputar Sarapan (1)
Sarapan merupakan salah satu sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sarapan, aktivitas makan yang dilakukan pada pagi hari. Ia salah satu sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Ada banyak mitos dan fakta seputar sarapan yang beredar di masyarakat. Apa saja?

1.    Sarapan bisa menurunkan berat badan    

Banyak orang percaya sarapan dapat menurunkan berat badan karena mampu menekan keinginan makan lebih banyak pada siang hingga sore hari. Benarkah? Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menyebut tidak ada korelasi langsung antara sarapan dengan penurunan berat badan. Penelitian ini melibatkan 300 responden yang menderita obesitas. Hasilnya, para ilmuwan tidak melihat ada penurunan berat badan pada responden yang diwajibkan sarapan setiap hari.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Levitsky DA dari Universitas Cornell, Kota New York, AS, menjelaskan, orang yang melewatkan sarapan akan merasa lebih lapar saat makan siang. Namun bukan berarti mereka akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan.  

2.    Sarapan bisa menurunkan metabolisme

Sarapan dipercaya mempercepat metabolisme tubuh. Orang yang sarapan umumnya memiliki kebiasaan gaya hidup yang lebih baik dan aktif. Namun menurut American Journal of Clinical Nutrition, tidak ada hubungan sebab akibat antara kebiasaan melewatkan sarapan dengan metabolisme tubuh yang buruk.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh sering melewatkan sarapan. Sisihkan waktu Anda setiap pagi untuk menyiapkan sarapan sehat seperti oats, gandum, susu, kacang-kacangan, dan lain-lain untuk menjaga kesehatan tubuh.

bersambung

(ages)

Komentar