aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cegah Infeksi Corona, Kini Ada Aturan Jarak Antrean di Kasir Pasar Swalayan

Thursday, 26 March 2020 01:51:56 WIB | Adi Adrian
Cegah Infeksi Corona, Kini Ada Aturan Jarak Antrean di Kasir Pasar Swalayan
Antrian pasar swalayan.

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu hal yang dikhawatirkan para ibu saat belanja di pasar swalayan selama wabah Corona Covid 19, yakni antrean di kasir yang berdekatan.

Jarak antrean antar pengunjung yang tidak teratur membesarkan peluang terinfeksi Corona Covid 19.

Itu sebabnya, pemerintah mengimbau masyarakat menerapkan social distancing (menjauhi keramaian) atau jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Merespons imbauan jaga jarak, sejumlah pasar swalayan mulai mengatur antrean di area kasir.

Bahkan proses pembayaran untuk lansia, ibu hamil, ibu yang membawa anak, dan disabilitas dipercepat. Aturan ini diterapkan Hero Supermaket dan Giant. Keduanya menginisasi jam berbelanja khusus untuk lansia yakni dengan buka sejam lebih awal tiap hari Selasa dan Kamis.

“Kami berikan waktu khusus kepada lansia sehingga mereka dapat berbelanja dengan tenang. Tidak perlu buru-buru dan tetap menerapkan social distancing,” terang Head of Communications and Government Relations PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto, dalam siaran pers yang diterima tabloidbintang.com pekan ini.

Sebelumnya, Hero Supermarket dan Giant memberlakukan social distancing. Caranya, memberikan garis berjarak saat pelanggan antre di area kasir dan menyediakan penyanitasi tangan di area penjualan produk serta di tiap kasir.

“Selain itu melakukan pengecekan berkala pada area penjualan, sarana prasarana, dan memastikan kebersihan permukaan yang sering tersentuh pelanggan seperti troli atau meja kasir dengan cairan disinfektan yang aman bagi manusia,” Diky menjelaskan.

Dengan demikian, karya maupun pelanggan aman serta nyaman selama melakukan proses transaksi. Kebutuhan pun tercukupi selama pandemi Corona Covid 19 bergulir di Tanah Air.

“Kami berdoa agar wabah Corona Covid 19 segera berlalu,” Diky mengakhiri.

Komentar