aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Latihan Fisik di Rumah Selama Masa Tanggap Darurat Virus Corona, Cobain Yuk!

Sunday, 22 March 2020 06:30:19 WIB | Adi Adrian
5 Latihan Fisik di Rumah Selama Masa Tanggap Darurat Virus Corona, Cobain Yuk!
Jump Squat (sumber Verywell Fit)

TABLOIDBINTANG.COM - Wabah virus Corona (Covid-19) telah tiba di Tanah Air awal tahun ini. Jumlah kasusnya mencapai lebih dari 400 dan korban jiwa puluhan orang.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengimbau masyarakat menerapkan social distancing (menjauhi keramaian). Artinya, selama masa pandemi Corona, masyarakat sebisa mungkin beraktivitas di rumah dari ibadah hingga bekerja.

Olahraga pun sebaiknya dilakukan di rumah. Tetap berolahraga rutin penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus Corona.

Ini disampaikan atlet Olimpiade Inggris sekaligus Vice President Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife, Samantha Clayton. Ia menyebut, saat berolahraga tubuh melepas hormon endorfin yang meningkatkan susana hati, kepercayaan diri, dan mengurangi tingkat stres. Daya tahan tubuh pun menguat.

“Olahraga mempertahankan pola pikir fokus dan lebih rasional. Anda dapat berolahraga di mana saja,” ujar Samanta di Jakarta, belum lama ini.

Ia kemudian merekomendasikan 5 latihan yang bisa Anda terapkan di rumah. Pertama, melatih otop trisep yakni punggung, lengan, dan bahu. Kedua, push-up. Ini latihan yang sedikit berat karena memerlukan banyak otot tubuh untuk bekerja. Ketiga, melatih keseimbangan tangan dan lutut. Latihan ini bertujuan menantang keseimbangan tubuh Anda dan melatih otot perut. Lakukan ini 10 kali kemudian beralih melatih sisi tubuh yang lain. Keempat, squat. Ini adalah latihan fungsional yang bekerja pada kelompok otot terbesar di tubuh khususnya, pinggul dan kaki.

“Squat terbaik adalah yang terdalam. Maksudnya, kedalaman jongkok yang optimal akan membuat pinggul Anda tenggelam di bawah lutut. Saran saya, pusatkan berat badan di tumit, lalu dorong kembali ke posisi berdiri,” Samantha menyarankan.

Terakhir, melatih paha yang berfokus di bagian depan dan belakang kaki Anda. “Jangan biarkan diri melewatkan manfaat olahraga. Tetapi ingat, jika sakit tapi tetap ingin berolahraga, dengarkan tubuh Anda. Jangan memaksakan diri dengan latihan berat,” Samantha mengakhiri perbincangan.

Komentar