aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Berapa Banyak Sih Kebutuhan Vitamin C Per Hari bagi Tubuh Manusia?

Thursday, 19 March 2020 02:00:23 WIB | aura.co.id
Berapa Banyak Sih Kebutuhan Vitamin C Per Hari bagi Tubuh Manusia?
Vitamin C, salah satu vitamin yang populer. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Vitamin C, salah satu vitamin yang populer. Khasiatnya bagi manusia tidak perlu diragukan lagi. Ia dipercaya mampu mencerahkan kulit hingga menangkal zat karsinogen, yang melahirkan sel-sel kanker dalam jaringan tubuh.

Sayangnya, pola makan yang serbainstan membuat tidak sedikit dari kita mengalami defisiensi vitamin C. Pertanyaan yang muncul kemudian, apa dampaknya jika kondisi kekurangan vitamin C dibiarkan berlarut-larut? Tahukah Anda, berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari?

Dr. Dian Permatasari, M.gizi, SpGK mengatakan, dalam satu hari tubuh manusia setidaknya mengasup 75 sampai 100 mg vitamin C. Pada wanita hamil dan perokok, asupan vitamin C yang dibutuhkan lebih tinggi yakni 120 sampai 125 mg per hari. 

“Itu dalam bentuk makanan ya, bukan dalam bentuk injeksi atau suntikan. Kandungan vitamin C terlalu tinggi yang terdapat dalam makanan yang kita asup justru semakin lambat diserap oleh tubuh. Misalnya kita mengonsumsi makanan dengan total 1.000 mg vitamin C, yang diserap tubuh dengan sempurna paling hanya 100 mg per hari. Sisanya terbuang bersama urine,” terang Dian.

Ada banyak cara mudah dengan biaya murah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Mulailah dengan melirik buah dan sayur di sekitar Anda. Jambu biji, misalnya. Buah dari keluarga Myrtaceae ini menyimpan 200 mg vitamin C. Pepaya mengandung sekitar 94 mg vitamin C per potong, sementara satu buah kiwi memiliki 84 mg vitamin C. 

“Tidak hanya buah. Daun singkong, daun pepaya, dan sawi ternyata kaya akan vitamin C. Karenanya saya menganjurkan Anda untuk mengonsumsi tiga sampai lima porsi buah dan sayur setiap hari. Dengan demikian tidak hanya kebutuhan vitamin C yang terpenuhi, tapi juga vitamin lain serta mineral,” Dian menambahkan.

Komentar