aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Teknologi Makin Canggih, Anda Bisa Booking Dokter Lewat Aplikasi

Monday, 24 February 2020 19:09:32 WIB | Redaksi
Teknologi Makin Canggih, Anda Bisa Booking Dokter Lewat Aplikasi
Diperkenalkan aplikasi PatientQare dari SehatQ.

TABLOIDBINTANG.COM - Tahukah Anda, data Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menyebut hingga kini ada 572 rumah sakit yang berpeluang meraih akreditasi, termasuk rumah sakit swasta.

Tak heran jika rumah sakit swasta Tanah Air berlomba meningkatkan kualitas layanan bagi pasien. Ratusan rumah sakit di Indonesia ini diharapkan dapat menyusul sebanyak 2.469 rumah sakit lain yang telah mengantongi akreditasi dari KARS. Yang membanggakan, hingga artikel ini disusun, ada 12 rumah sakit di Indonesia yang terakreditasi KARS International.

Masalahnya, untuk meraih akreditasi bukan perkara mudah. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi salah satunya, rumah sakit harus beroperasi penuh dengan menyediakan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat secara paripurna.

“Yang dimaksud paripurna, informasi dan pelayanan kesehatan nonstop, 24 jam sehari, 7 hari seminggu,” beri tahu Kepala Bidang Teknologi Informasi KARS, dr. Djoni Darmadjaja, Sp.B., MARS, FinaCS, FICS, dalam gelar wicara “Digitalisasi Layanan Rumah Sakit Guna Menunjang Proses Akreditasi” di Jakarta.

Djoni mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan terhadap pasien dan keluarga. Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) yakin, pemanfaatan teknologi efektif memangkas sejumlah tahapan yang selama ini dilalui pihak rumah sakit dan keluarga pasien.

“Terutama dalam mempertemukan pasien dan dokter yang sesuai dengan keluhan kesehatannya,” urai Sekretaris Jendral ARSSI, drg. Iing Ichsan Hanafi, MARS, baru-baru ini. Dalam kesempatan itu, diperkenalkan aplikasi PatientQare dari SehatQ.

Seperti diketahui, perkembangan teknologi memungkinkan masyarakat pesan kamar hotel, tiket pesawat atau kereta api lewat aplikasi ponsel. Ini bertolak belakang dengan sistem pendaftaran pasien di rumah sakit maupun klinik, yang masih manual. Platform PatientQare diharapkan jadi solusi.

“Platform PatientQare memungkinkan rumah sakit dan klinik mengatur ketersediaan tenaga medis terutama dokter dengan lebih baik, sesuai kebutuhan masyarakat,” ujar Direktur SehatQ, Dewi Bramono. 

Melalui aplikasi PatientQare dari SehatQ, pasien bisa mencari jadwal dokter dengan mudah dan melakukan online booking. Dengan jadwal konsultasi lebih pasti, proses berobat menjadi mudah, nyaman, dan pasien tak perlu menunggu terlalu lama.

Komentar