aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Wapadai 8 Tanda Bahaya Ini Sebelum Serangan Jantung Merenggut Nyawa

Monday, 24 February 2020 04:00:23 WIB | aura.co.id
Wapadai 8 Tanda Bahaya Ini Sebelum Serangan Jantung Merenggut Nyawa
Tubuh akan memberikan sinyal saat kondisi mulai mengkhawatirkan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - PERNAH menonton film favorit dan melihat adegan yang cukup tragis dimana pemeran mengalami nyeri berlebihan di bagian dada, lalu ia terjatuh dan meninggal? Nah, sebagian besar orang mempercayai bahwa itu serangan jantung, padahal kenyataannya tidak sedramatis cerita di film.

Untungnya, ada cara mencegah serangan jantung sebelum hal itu terjadi. Ada beberapa tanda-tanda yang berhubungan dengan serangan jantung. Anda yang memiliki riwayat keluarga serangan jantung, perlu lebih berhati-hati.

Seminimal mungkin jika muncul tanda-tanda tersebut harus dilakukan tindakan dan diperiksa ke dokter. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan apa pun. Karena, tubuh akan memberikan sinyal saat kondisi mulai mengkhawatirkan.

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut tanda-tanda yang perlu diwaspadai saat serangan jantung datang:

Sakit dada
Nyeri dada adalah salah satu sinyal saat serangan jantung datang, tetapi tidak tiba-tiba. Rasa sakit berupa ada tekanan atau rasa sesak pada dada, sementara yang lain mungkin merasa seperti beban besar di dada mereka. Butuh praktisi medis untuk membantu penanganan.

Lengan Sakit
Salah satu cara lain untuk melihat serangan jantung sebelum hal itu terjadi adalah nyeri lengan. Biasanya, itu adalah lengan kiri yang banyak pengalaman rasa sakit, tapi rasa sakit juga bisa terjadi pada lengan kanan pada beberapa orang. Terkadang, rasa sakit dapat berasal dari dada dan meluas ke lengan. Ketika jenis nyeri terjadi tanpa alasan yang jelas, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
Hal ini bisa menjadi pertanda buruk bagi jantung. Ketika jantung tidak dapat memompa darah secara efektif, dapat menyebabkan pembengkakan dari tangan dan kaki. Hal ini karena darah kembali ke vena. Selain itu, gagal jantung juga dapat membuat sulit bagi ginjal untuk menghapus jumlah tambahan natrium dan air dari tubuh. Hal ini sekali lagi mengakibatkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

Pusing
Pusing mungkin bisa terjadi karena berbagai alasan. Bisa jadi karena kelelahan, kurang tidur atau kurangnya asupan makanan dan cairan. Tapi, jika Anda merasa pusing, tiba-tiba, bersama dengan ketidaknyamanan di dada, bisa jadi karena gagal jantung.

Denyut jantung tidak teratur
Merasakan detak jantung karena kegembiraan berbeda dengan memiliki denyut yang tidak teratur. Ketika Anda merasa bahwa hati Anda tidak normal, dan seringkali terjadi, sekarang saatnya untuk konsultasi dokter. Hal ini dapat membantu dalam mengobati serangan jantung sebelum hal itu terjadi.

Berkeringat
Keringat berlebihan tanpa alasan yang jelas adalah salah satu tanda. Anda perlu untuk mendapatkan bantuan medis di awal. Segera hubungi dokter Anda dan terburu-buru ke rumah sakit terdekat. Jangan mencoba untuk mengatasi sendiri. 

Mendengkur
Mendengkur tidak ada hubungannya dengan gagal jantung, namun masih berhubungan. Jika Anda mendengkur terlalu keras dan menampilkan tanda tersedak atau terengah-engah, Anda bisa menderita sleep apnea. Ini secara tidak langsung menempatkan tekanan ekstra pada jantung Anda yang dapat berkembang menjadi penyakit jantung. 

Batuk terus-menerus
Batuk bisa terjadi saat perubahan cuaca seperti saat ini. Namun, jangan biarkan dalam waktu yang lama, Anda perlu bertindak. Hal ini terutama penting jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung. Lendir yang berwarna pink, atau memiliki trombosit darah di dalamnya, mungkin menjadi penyebab dari gagal jantung, sehingga darah bocor ke paru-paru. Ini adalah beberapa cara untuk melihat serangan jantung sebelum hal itu terjadi. Yang perlu Anda lakukan adalah merespon terhadap perubahan tubuh Anda, cobalah untuk menjalani gaya hidup sehat dan mengelola stres dengan baik.

Komentar